Sukses

FimelaHood

Kembali ke Era 60-an dengan Menggalakkan Kampanye Peduli Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Dewasa kini, kampanye peduli lingkungan dan bumi marak digalakan. Namun, tahukah kamu bahwa kampanye seperti itu sudah dilakukan sejak era 60an? Yaps, jargon recycle, reuse, dan reduce sudah ada sejak tahun 60-an. Di mana gerakan Mahasiswa Pencinta Alam di Indonesia mulai populer di dekade yang sama.

Berangkat dari latar belakang terserbut, Campaign.com menggandeng Evo & Co membuat sebuah acara bertajuk 'Back to 60's' yang bertempat di Mbloc Space, Jakarta Selatan, pada Rabu (19/2). Acara tersebut diisi oleh beberapa rangkaian kegiatan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab untuk menjaga lingkungan sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

"Di Hari Peduli Sampah Nasional kami ingin merayakan bagaimana kita kembali ke zaman 60-an untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai," kata Aziz, Community Engagement Officer Campaign.com.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut adalah workshop daur ulang kain bekas bersama Grinain ID, talkshow 'World Before Plastic, Dulu Praktis Sekarang Tragis' bersama Sizi (Evo & Co); Nugie (Rethink Campaign Ambassador); Rinaldi Nur Ibrahim (Founder Ranger Youth); dan Ahmad Zulfianto (Co-Founder GetPlastic), dan diakhiri dengan karaoke.

"Kita mau menunjukkan kalau aksi sosial bisa kok dilakukan dengan cara yang menyenangkan,bahkan dengan dengan langkah-langkah kecil dan mudah. Acara 'Back to 60's' ini adalah salah satu cara Campaign.com merealisasikan aksi sosial secara menyenangkan," ujar William Gondokusumo, CEO Campaign.com.

Di lokasi, ada beberapa booth komunitas kolaborator yang turut mengisi acara tersebut dengan kampanye yang mereka galakan. Seperti komunitas BEE Youth, Grinain, BINE, Bumi Kami, Young On Top Jakarta, dan Healing Forest ID. Pengunjung juga bisa berpartisipasi pada setiap kampanye yang dibuat komunitas kolaborator, yakni dengan mengikuti tantangan melalui aplikasi Campaign.

Setiap tantangan yang diikuti itu artinya partisipan telah berdonasi Rp5000 - Rp10.000 untuk komunitas. Jika partisipan berhasil mengikuti seluruh tantangan yang ada maka akan mendapat Rethink Kit, yang berisi satu set sedotan bambu. FYI, program ini berlangsung dari 10 Februari 2020 hingga 10 Maret 2020, lho.

Sekilas tentang Campaign.com, adalah startup yang mewadahi komunitas dan masyarakat untuk mengambil aksi #ForChange. Campaign.com merupakan jejaring sosial pertama yang dibangun secara khusus untuk membuat dampak dan perubahan sosial. Sejak peluncurannya, lebih dari 125.000 change makers telah bergabung dan menciptakan lebih dari 1.000 kampanye di banyak isu sosial, seperti kesetaraan, pendidikan, dan lingkungan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading