Sukses

FimelaHood

Hijabers Beauty Blogger Vlogger, Berkreasi di Dunia Kecantikan Sambil Sharing Soal Agama

Fimela.com, Jakarta Ketika kita sedang menggeluti suatu bidang, paling asyik adalah berada di lingkungan yang mendukung dan memiliki ketertarikan yang sama dengan kita. Dengan begitu, kita bisa menambah ilmu dan informasi  tentang bidang yang sedang kita geluti. Salah satu caranya adalah dengan bergabung dalam sebuah komunitas

Bergelut di bidang kecantikan, Hijabers Beauty Blogger and Vlogger (HBBV) siap menaungi para muslimah yang memiliki ketertarikan pada dunia perempuan, khususnya beauty. Komunitas yang terbentuk pada 10 Mei 2018 ini didirikan dengan tujuan sebagai wadah untuk berbagi informasi, ilmu, dan menambah jejaring pertemanan dengan ketertarikan yang sama.

Danah, salah satu pendiri HBBV mengungkapkan bahwa komunitas garapannya tersebut diharapkan bisa menjadi jembatan bagi para beauty blogger dan beauty vlogger dengan brand yang ingin menjalin kerja sama. "Selain itu HBBV juga menjadi tempat untuk menghubungkan blogger dan atau vlogger dengan brand, dan brand dengan blogger dan atau vlogger," jelas Danah.

Menggabungkan dua content creator dengan berbeda platform dalam sebuah wadah bukan tanpa alasan. Menurut Danah, para pendiri dan pengurus menggunakan dua platform untuk menyebarkan konten mereka. Sehingga HBBV berusaha merangkul content creator dari dua platform.

"Kebetulan karena aku dan admin lainnya adalah seorang konten kreator, kami menggunakan beberapa platform, dan pada saat itu banyak juga konten kreator (blog dan youtube) yang berhijab dan sampai saat ini masih banyak orang yang butuh dan tertarik untuk melihat review produk, makeup tutorial, tips dan trik seputar beauty melalui blog atau dari Youtube. Jadi itulah alasan kami juga menjadi komunitas yang mengerucut ke blogger dan vlogger," ujar Danah.

Kendati begitu, bukan berarti keduanya berjalan sendiri-sendiri. Dua content creator tersebut bisa berjalan beriringan dalam proyek-proyek yang sedang dikerjakan.

"Biasanya kalau ada project dengan brand atau ada kegiatan klaborasi bulanan HBBV kami bagi, misalnya dibutuhkan reviewer blog dan video, nantinya akan kami bagi sesuai dengan kesediaan para anggotanya juga. Jadi ada yang diarahkan untuk review di blog dan ada juga yang ke YouTube," kata Danah.

"Kami juga selalu saling dukung satu sama lain, setiap ada yang punya postingan baru boleh di-share supaya anggota yang lain juga bisa baca kalau itu artikel di blog dan nonton video kalau itu konten youtube. HBBV pun sering sharing mengenai blog atau YouTube, misalnya ada anggota blogger/vlogger pemula, mereka boleh nanya apapun itu seputar blog atau youtube, nantinya anggota yang lebih senior akan membantu, jadi saling sharing," imbuhnya.

Tersebar di seluruh Indonesia, HBBV memiliki 85 anggota aktif yang paling banyak berdomisili di Pulau Jawa. "Kami selaku pengurus dan member HBBV menjalin silaturahmi atau saling sharing via media sosial dan group chat LINE, tapi kalau misalnya ada event contohnya di Jakarta, maka admin yang di Jabodetabek menjadi PIC-nya untuk mengatur dan mengurus event tersebut dengan mengajak member HBBV yang berdomisili di Jabodetabek," tukas pemilik akun Instagram @danahkhw ini.

Seperti komunitas pada umumnya, HBBV juga memiliki kegiatan yang menyatukan para anggotanya. Sebelum pandemi berlangsung, HBBV memiliki kegiatan offline seperti datang ke launching produk kecantikan, tapi selama pandemi, kegiatan dilakukan secara online. Seperti kolaborasi makeup dan review bulanan.

"Jadi admin menentukan satu tema misalnya membuat tutorial makeup ala korea, dan para member nanti mengikuti tema tersebut untuk di post di Instagram atau Youtube atau Blog tergantung tema kolaborasi pada bulan tersebut," jelas Danah.

Lebih lanjut, Danah menjelaskan bahwa HBBV bukan sekadar komunitas para hijabers yang memiliki ketertarikan di bidang kecantikan bernaung. Lebih dari itu, di HBBV juga kerap sharing soal keagamaan. "Yang membuat HBBV berbeda itu kami juga kadang ada sharing soal keagamaan, karena HBBV merupakan komunitas beauty untuk muslimah berhijab, jadi lebih enak gitu kan untuk membahasnya dan kita juga pernah repost konten-konten ceramah agama di Instagram HBBV (@hijabersbeautybvlogger)," tandas Danah.

 

;
Loading