Sukses

Food

4 Cara agar Tidak Menangis saat Memotong Bawang

Fimela.com, Jakarta Jika sering memasak di rumah, mungkin kita akan sering berhadapan dengan permasalahan klasik menangis saat mengiris dan memotong bawang merah, bawang bombay atau bahkan daun bawang karena jenis bawang-bawangan ini seringkali membuat mata pedih.

Meskipun bukan permasalahan yang serius, karena rasa pedih di mata itu akan hilang setelah kegiatan memotong bawang ini selesai, namun pasti cukup mengganggu kegiatan selama memasak. Nah, untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Ini tips agar tidak menangis saat memotong bawang yang dapat dicoba di rumah.

1. Mendinginkan bawang di freezer

Dinginkan bawang merah atau bawang bombai di dalam freezer. Dengan mendinginkan bawang di dalam freezer sekitar 10-15 menit, akan membuat kandungan air atau enzim di dalam bawang merah membeku sementara sehingga tidak menguap ke udara dan tidak menyebabkan pedih di mata. Efek ini tentu akan bertahan sementara, jadi sebisa mungkin cepat mengiris bawang dalam kondisi masih dingin karena ketika sudah suhu ruangan, akan menyebabkan mata perih lagi saat diiris.

2. Memotong di dekat kipas angin

Mengiris atau memotong bawang di area yang udaranya bergerak, seperti di dekat kipas angin, juga bisa membuat gas yang dihasilkan oleh bawang merah/bombai menjauh dari mata sehingga tidak menyebabkan mata pedih. Selagi memotong bawang, arahkan udara dari kipas angin ke area bawang sehingga penguapan kandungan bawang yang dihasilkan tidak langsung ke atas dan mengenai mata, tapi langsung dibawa pergi oleh angin.

3. Mengiris di bawah air

Mungkin cukup aneh jika harus memotong bawang di bawah air atau pada air yang mengalir. Namun cara ini cukup efektif mencegah mata pedih dan menangis karena cairan belerang yang dihasilkan dari potongan bawang akan langsung dilarutkan ke dalam air, tidak sempat menguap ke udara. Tapi cara ini cukup merepotkan, apalagi jika kamu harus mengumpulkan lagi potongan bawang yang mengambang dan tercampur di dalam air setelahnya.

4. Meletakkan tisu basah di dekat talenan

Cara ini cukup efektif dan tidak merepotkan saat memasak, yaitu tinggal mengambil satu lembar tisu kemudian dicelup air hingga basah kemudian ditaruh di dekat talenan selama memotong bawang. Secara alami, air yang dihasilkan dari memotong bawang akan terserap ke dalam tisu basah sehingga tidak membuat mata pedih. Ini bisa dibuktikan sendiri, ketika tisu basah diambil atau disingkirkan, mata akan mulai merasa pedih lagi. Cukup unik tapi ternyata efektif.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa digunakan saat mengiris bawang merah atau bawang bombai agar tidak menangis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading