Sukses

Food

5 Langkah Cara Mengeringkan dan Menyimpan Daun Oregano

Fimela.com, Jakarta Jika kamu suka makanan Italia seperti pasta, pizza, lasagna dan semacamnya, maka kamu pasti tidak asing dengan daun oregano. Oregano adalah jenis tanaman herbal atau rempah yang sering diambil daunnya untuk dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dalam banyak makanan Italia. Umumnya oregano digunakan dalam bentuk serpihan kering. Jika kebetulan kamu menanam tanaman ini, maka ada cara mudah untuk bisa menyimpan daun oregano agar bisa digunakan setiap saat. Begini langkah mengeringkan sendiri oregano di rumah sebagai persediaan bumbu masakan Italia.

1. Pilih ranting oregano yang sudah cukup tua

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih cabang-cabang yang cukup tua untuk dipanen. Potong ranting tanaman oregano segar tersebut dengan gunting sekitar 15 cm. Jika oregano tidak cukup tinggi, maka bisa dipotong sekitar 10 cm atau sesuaikan saja dengan tanaman yang ada. Jangan sampai memotong seluruh tanaman, karena itu akan menyulitkan oregano tumbuh lebih panjang nantinya. Setelah melakukan pemanenan, siapkan tali untuk mengikat ranting-ranting tersebut. 

2. Gantung terbalik di ruangan terbuka

Langkah kedua adalah mengikat ranting-ranting itu menjadi satu kemudian gantung secara terbalik di area langit-langit dapur atau lemari dalam ruangan terbuka, hangat dan berventilasi. Ruangan kering namun sejuk penting agar bisa mengeringkan daun oregano yang berkualitas. Daun tidak boleh terkena sinar matahari langsung, tapi tetap bisa diangin-anginkan di ruangan yang leluasa. Namun akan lebih baik jika kamu menggantungnya di tempat yang tidak terlalu panas, seperti ruang keluarga. Jika di dapur, akan sangat rawan terkena udara panas dari masakan, dan itu bisa menghilangkan cita rasa alaminya yang kuat.

3. Tunggu hingga mengering

Setelah digantung, tunggu kurang lebih seminggu untuk mendapatkan oregano kering yang sempurna, kurang lebih selama seminggu, tergantung tingkat kelembaban udara di daerah tempat tinggalmu. Mengapa tidak mengeringkan di bawah matahari? Karena itu akan menghilangkan beberapa senyawa khas dari oregano dan warnanya pun akan gosong. Oregano yang kering dengan baik akan hancur sendiri saat diremas dengan tangan dan terdengar renyah namun warananya tetap hijau. Warnanya memang tidak sehijau saat masih segar, tapi warna hijau alaminya masih ada meskipun sedikit memudar. 

4. Pisahkan daun oregano dari rantingnya

Langkah berikutnya adalah memisahkan daun dari rantingnya. Daun oregano yang kering akan mudah dihancurkan. Jadi gunakan jari-jarimu untuk menekan kemudian meremasnya untuk membuat oregano menjadi lebih halus. Pisahkan dari rantingnya yang keras dan hanya gunakan daunnya saja. 

5. Simpan di wadah tertutup

Simpan oregano kering di dalam toples kecil dan kedap udara untuk mempertahankan kualitas oregano yang sudah dikeringkan.  Jika tidak disimpan dengan baik, daun akan cepat lembab dan berjamur. Letakkan di tempat yang sejuk dan mudah dijangkau dalam dapur, tapi pastikan juga memberikannya silicagel food grade dalam kemasan. Jika tidak ada, pastikan menembahkan sedikit beras di dasar kemasan untuk membuatnya tetap kering.

Jadi, sudah siap mengeringkan oregano sendiri di rumah Sahabat Fimela?

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading