Sukses

Food

5 Cara Mengukus Sayuran yang Baik dan Benar

Mengukus sayuran sebenarnya adalah teknik yang paling mudah dan sederhana. Kita cukup menaruh sayuran dalam panci kukus, lalu membiarkannya matang sendiri. Tapi jika kamu ingin mendapatkan sayuran yang masih segar, warnanya tidak berubah dan terjaga rasanya, ikuti langkah-langkah yang dilansir dari thekitchn.com berikut ini.

 

1. Potong sayuran sama besar

Potong sayuran dengan bentuk dan ukuran yang seragam. Jika ingin sayuran lebih cepat matang, kamu bisa memotongnya dengan ukuran yang lebih kecil. Sayuran yang lebih empuk seperti brokoli akan lebih cepat matang daripada sayuran yang lebih keras seperti wortel. Jadi usahakan untuk memberi selang waktu yang berbeda untuk mengukus jenis sayuran yang berbeda.

2. Jangan menggunakan air yang terlalu penuh

Cukup masukkan air hingga setinggi 1 inci di panci kukus, baru letakkan saringan atau pastikan tinggi air dalam panci tidak menyentuh saringan dalam panci kukus karena air pasti akan meluap ketika mendidih sehingga justru akan merusak makanan yang sedang dikukus.

3. Didihkan air dulu

Sebelum memasukkan sayuran ke dalam kukusan, pastikan air kukusan sudah panas. Gunakan api besar untuk mendidihkan air di panci kukus, cara ini akan lebih memudahkan sayuran cepat matang tapi tidak merusak warna dan kandungan nutrisinya. Saat air sudah mendidih, masukkan sayuran yang akan dikukus di atas saringan. Lalu tutup pancinya, kecilkan api jadi api sedang.

4. Masukkan sayuran secukupnya

Jangan terlalu banyak memasukkan sayuran ke dalam kukusan, secukupnya saja. Jika terlalu banyak, maka uap panasnya tidak akan bisa merata dalam memasak sayuran di dalamnya. Jika terlalu penuh, risikonya sayuran yang terletak paling dekat dengan air mendidih akan terlalu matang dan kehilangan nutrisinya sedangkan sayuran paling ata kurang matang.

5. Jangan kukus terlalu lama

Tanda bahwa sayuran sudah matang dikukus dan siap diangkat adalah ketika kamu bisa dengan mudahnya menusuk bagian terluar dan paling tebal sayuran tersebut. Beberapa jenis sayuran akan berwarna lebih terang ketika sudah matang. Sayuran biasanya hanya butuh waktu beberapa menit untuk matang saat dikukus.

Sayuran seperti bayam atau kacang polong  biasanya hanya butuh waktu 3 menit untuk dikukus. Sementara brokoli, kembang kol, dan buncis biasanya butuh waktu 5-7 menit. Sementara jenis sayuran yang lebih keras seperti wortel dan kentang butuh waktu 8-20 menit untuk matang. Saat mengukus sayuran, usahakan untuk selalu mengeceknya setiap tiga menit sekali. Salah satu tujuannya adalah agar sayuran tidak terlalu matang, kehilangan warna segarnya atau bahlan menjadi lembek.

Kunci utama mengukus sayuran itu sebenarnya hanya ada dua, potong sayuran dengan ukuran dan bentuk yang seragam dan jangan terlalu lama mengukusnya. Semoga bermanfaat ya tips di atas!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading