Sukses

Food

5 Cara Praktis dan Enak Membumbui Tempe Sebelum Diolah

Bosan dengan olahan tempe yang itu-itu saja? Jika selama ini kamu hanya menggunakan garam dan bawang putih saja untuk membumbui tempe yang akan digoreng, kini kamu bisa mencoba untuk membumbuinya dengan cara yang berbeda. Ada sejumlah tips dan cara praktis yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan tempe sebelum diolah jadi menu lezat. Coba sekian cara praktis dan enak ini yuk!

 

1. Rebus dengan Kaldu Sayuran

Tempe bisa memiliki rasa yang begitu tawar. Kamu bisa menyiapkan panci yang diisi dengan kaldu sayur. Masukkan potongan tempe. Rebus dengan api sedang. Selesai direbus, sisihkan dan tiriskan. Tempe pun siap digoreng, dipanggang, atau dibakar agar menjadi menu yang lezat. Rasanya pasti gurih dan lebih sedap disantap.

2. Direndam dengan Berbagai Bumbu

Kamu bisa merendamnya dulu dengan campuran bumbu seperti kecap, cuka, air perasan jeruk nipis, santan kelapa, gula merah, jahe, rempah-rempah, bahkan madu. Kamu bisa merendam tempe tersebut selama 10 menit untuk mendapatkan tempe dengan rasa yang lebih sedap. Tempe yang sudah direndam dalam bumbu bisa langsung digoreng, dibakar atau dipanggang. Salah satu bumbu yang bisa kamu buat untuk merendam tempe adalah dengan mencampurkan bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan garam yang dihaluskan lalu dicampur air. Rendam tempe dalam bumbu tersebut selama kurang lebih 15 menit, lalu bisa mengolahnya jadi tempe goreng yang gurih.

3. Menggunakan Bumbu Kuning

Rebus tempe dengan bumbu kuning yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, garam, dan gula pasir. Rebus tempe hingga mendidih dan tempe jadi berubah warna jadi kekuningan. Kamu bisa langsung menggoreng tempe yang sudah diungkep ini atau mungkin dijadikan tempe panggang.

4. Menggunakan Bumbu Bacem

Kamu juga bisa membuat tempe bacem dengan menyiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan untuk membuat tempe bacem antara lain ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, dan kemiri. Semua bumbu tersebut dihaluskan terlebih dahulu baru dicampurkan ke dalam air rebusan tempe. Biasanya dalam air rebusan untuk membuat tempe bacem, kamu hanya perlu menambahkan lengkuas, air kelapa, asam jawa, serai, dan daun salam. Setelah matang, bisa digoreng, dibakar atau dimakan begitu saja sudah enak.

5. Menggunakan Bumbu Tepung

Jika ingin membuat tempe goreng dengan balutan tepung, kamu perlu membuat bumbunya. Bumbu yang diperlukan sebagai campuran tepung terigu dan tepung maizena antara lain bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, kencur, dan garam. Semua bahan tersebut dihaluskan lalu dicampurkan dengan adonan tepung yang akan digunakan untuk menggoreng tempe.

Mengolah tempe memang mudah. Tapi dengan menyiapkan bumbu tambahan untuk tempe yang akan diolah, nantinya kita bisa mendapatkan menu olahan tempe yang super lezat. Nah, apakah Sahabat Fimela punya cara khusus untuk mempersiapkan tempe sebelum diolah jadi menu favorit juga?

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading