Sukses

Food

5 Tips Membuat Bolu Kukus agar Mengembang Sempurna

Fimela.com, Jakarta Membuat bolu kukus sebenarnya cukup mudah dan praktis karena tak membutuhkan oven. Tetapi tidak jarang bolu kukus yang dibuat tidak mengembang sempurna atau bantat sehingga bentuknya tidak cantik. Meskipun rasanya enak, tapi jika tampilan kurang menggugah selera, pasti juga bikin kecewa. 

Jika kamu ingin bolu kukus yang dibuat mengembang sempurna dan memiliki bentuk mekar yang cantik, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba agar bolu kukus mengembang sempurna.

1. Gunakan bahan pengembang baru

Pastikan menggunakan bahan pengembang yang masih baru. Soda berfungsi agar bolu kukus dapat mengembang maksimal. Kondisi soda kue (baking soda) dan baking powder yang ditambahkan sebaiknya bukan persediaan lama karena kemungkinan kelembaban di sekitarnya mengurangi efektivitas baking soda dan baking powder dalam mengembangkan adonan kue bolu. Jadi gunakan baking soda dan baking powder yang masih baru, belum pernah dibuka atau masuk ke dalam lemari es untuk hasil bolu kukus yang mekar sempurna. 

2. Gunakan mixer untuk mengocok telur dan gula

Sekilas, perihal mengocok telur dan gula tampak sederhana tapi ternyata dapat berpengaruh pada hasil kue bolu kukus. Jika ingin hasil bolu kukus yang mengembang cantik, harus mengocok telur dan gula hingga lembut dan berbusa putih. Untuk mendapatkannya, akan lebih baik jika menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Tentu saja, membuat bolu kukus bisa saja pakai whisk yang menggunakan kekuatan tangan, tapi biasanya hasil kue kurang mengembang. Setelah telur dan gula tercampur rata dan mengembang putih, masukkan tepung secara bertahap agar tercampur dengan rata, mixer secukupnya. Atau jika menggunakan teknik pengadukan aduk balik, sebaiknya tidak dikocok terlalu lama. 

3. Gunakan cetakan berlubang

Bolu kukus yang bisa mengembang mekar cantik juga didukung oleh uap panas yang merata pada seluruh bagian adonan kue selama pengukusan. Sebaiknya gunakan cetakan yang memiliki lubang-lubang di bawahnya agar uap panas dapat merasuk merata pada bolu sehingga bisa memaksimalkan potensi bolu kukus. Ketika menggunakan cetakan tidak berlubang, bagian bawah bolu kukus akan bantet, tidak proporsional atau mengembangnya tidak maksimal. 

4. Lapisi tutup kukusan dengan kain

Agar air yang menempel pada tutup kukusan tidak menetes ke bolu dan membuat bolu bash dan kempes, sebaiknya lapisi tutup kukusan dengan kain bersih. Pastikan pula menggunakan kukusan besar atau cukup tinggi sehingga tutup kukusan yang dilapisi kain jaraknya tidak terlalu dekat dengan cetakan bolu. Ini berguna untuk memberi ruang bolu kukus mekar sekaligus menjaga agar bolu kukus tidak basah. Jangan buka kukusan terlalu sering karena akan menghilangkan uap panasnya dan menggagalkan adonan untuk mengembang. Cukup buka sekali saja ketika sudah matang atau pada waktu yang ditentukan agar tak mempengaruhi proses bolu mengembang, umumnya selama 15 menit.

5. Pilih wadah kertas yang sesuai

Pilih wadah kertas dengan tinggi yang sesuai, tidak terlalu pendek dan tidak terlalu tinggi agar bentuk bolu kukus cantik. Jika mengisi adonan terlalu sedikit, mengembangnya juga tidak bisa sampai mekar cantik. Jika mengisi terlalu penuh, hasilnya juga akan tumpah. Jadi pastikan memilih cup kertas yang sesuai dengan kebutuhan. Isi adonan hampir penuh sehingga ada ruang untuk mekar yang cukup dan tidak terlalu meluber. 

Itu dia sekian tips membuat bolu kukus yang mekar sempurna. Selamat mencobanya di rumah.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading