Sukses

Food

5 Cara agar Sayuran Tidak Berubah Warna Setelah Dimasak

Ketika makan sesuatu, sebagian besar dari kita tentu akan melihat penampilan makanan tersebut. Semakin baik dan meyakinkan tampilan makanan yang ada di depan kita, semakin tertarik kita akan makanan tersebut. Ini juga berlaku untuk tampilan sayur. Semakin baik tampilannya saat disajikan, warnanya masih hijau segar meski telah dimasak sampai matang, semakin kita akan menyukai sayuran tersebut.

Untuk mendapatkan tampilan sayur yang menarik, sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi dapatkan sayuran tetap hijau atau warnanya tidak berubah banyak setelah dimasak. Bagaimana caranya? Simak yang berikut ini.

1. Pilih Sayuran Segar dan Baru

Pastikan untuk memilih sayuran yang segar dan masih baru dipetik. Sayur yang masih segar akan tampak segar maski telah dimasak. Sayuran yang masih segar juga memiliki rasa, aroma serta nutrisi yang baik pula. Segera masak sayur yang baru dipetik dan baru dibeli. Hindari menyimpan sayur terlalu lama di lemari es atau di tempat terbuka.

2. Masukkan Sayur saat Air Mendidih

Untuk merebus sayur atau memasak sayur, pastikan untuk memasukkan sayur ke panci atau tempat masak setelah air benar-benar mendidih. Air yang benar-benar mendidih akan membuat sayur lebih cepat matang. Ini juga akan membuat warna sayur tetap hijau atau tidak terlalu banyak berubah.

3. Tambahkan Garam

Usahakan untuk menambahkan garam pada air saat merebus atau memasak sayur. Fungsi garam di sini adalah untuk membuat sayur cepat layu dan matang. Ini juga bisa membuat warna sayur tetap hijau segar meski telah dimasak. Tidak perlu banyak-banyak garam yang dimasukkan ke sayur, cukup seujung sendok atau sejumput saja.

4. Jangan Terlalu Lama Dimasak

Pastikan agar memasak sayur tidak terlalu lama. Sayur yang dimasak terlalu lama akan lembek dan warnanya berubah. Untuk memasak sayur, waktu yang diperlukan cukup 2 sampai 3 menit. Tidak lebih dari itu, apalagi jika sayurnya masih muda dan mudah matang seperti halnya sayur sawi atau bayam.

5. Segera Tiriskan Sayur

Setelah sayur matang, segera tiriskan. Tuang sayur ke wadah saringan. Setelah itu, siram dengan air es atau air dingin untuk menghentikan pemasakan sayur dari sisa suhu panas sekaligus agar sayur bisa segera dikonsumsi karena telah dingin.

Nah Sahabat Fimela, itulah cara agar sayuran tidak berubah warna meski sudah dimasak. Cara yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba cara ini dan semoga bermanfaat.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading