Sukses

Food

5 Cara Mengolah Jengkol Agar Empuk dan Tidak Pahit

Jengkol bila diolah dengan tepat bakal bisa jadi hidangan yang enak dan lezat. Cuma masalahnya kadang rasa pahit jengkol bisa sangat merusak kelezatannya. Apalagi kalau teksturnya masih keras, pastinya bakal kurang nikmat disantap ya.

Agar jengkol empuk dan tidak pahit, ada sejumlah tips yang bisa kamu ikuti ladies. Mulai dari soal perebusan hingga bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat jengkol lebih empuk dan tidak pahit. Selengkapnya, yuk ikuti penjelasannya di bawah ini.

Rendam dengan air es

Untuk menghilangkan baunya, jengkol bisa direndam dengan air dingin atau air es selama semalaman. Bisa juga direndam dengan air kapur sirih atau susu. Cara ini diyakini bisa menghilangkan bau tak sedap jengkol dan menetralisir rasanya.

Kupas sampai bersih

Selaput pada jengkol harus dibuang dan dibersihkan sampai tuntas. Soalnya sedikit saja kulitnya tidak bersih, maka bakal mempengaruhi rasa jengkol dan jadi pahit saat diolah.

Rebus dengan daun jeruk purut

Rebus jengkol dengan menambahkan daun jeruk perut secukupnya. Daun jeruk purut yang diiris bisa digunakan untuk membantu menetralisir bau jengkol.

Rebus dengan daun jambu biji

Alternatif lain yang bisa dicoba adalah merebus jengkol dengan menambahkan daun jambu biji. Setelah selesai direbus, air bekas rebusan dan daun jambu biji bisa dibuang.

Rebus dengan daun salam

Untuk mengurangi bau tajam jengkol bisa direbus dengan menambahkan daun salam. Dengan cara ini, rasa pahit bisa berkurang dan bau tajam jengkol bisa berkurang.Sebelum dibumbui atau diolah, jengkol bisa dipipihkan terlebih dahulu. Tujuannya agar nanti bumbu cepat meresap dan olahan jengkol bisa terasa lebih sedap.

Bagaiamana mudah bukan? Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk mengolah jengkol. Semoga info tipsnya bisa bermanfaat ya Sahabat Fimela.

What's On Fimela
Loading