Sukses

Food

3 Tips Mengolah Kluwek si Bumbu Dapur Berwarna Hitam

Apakah kamu pernah menyantap rawon, Ladies? Makanan ini mempunyai ciri khas kuahnya berwarna hitam. Tapi kuah yang hitam ini bukan berasal dari penggunaan kecap ataupun petis. Warna hitam ini disebabkan karena penggunaan buah kluwek sebagai bumbu dapur.

Buah yang bentuknya lebih menyerupai batu karena kulitnya yang keras berwarna coklat muda, dan isinya yang lunak berwarna hitam. Kluwek membuat cita rasa tersendiri masakanmu. Kamu ingin mencoba resep baru memasak rawon, tetapi kamu bingung bagaimana cara mengolah kluwek?

Tenang Ladies, beberapa panduan yang dilansir dari laman tipsiniitu.com akan membantu kamu mengolah kluwek yang akan kamu masak.

 

 

Cara Mengolah Kluwek yang Benar

Pilih Kluwek yang Berkualitas

Pertama, pilihlah buah kluuwek yang berkualitas baik. Cirinya adalah ketika digoyang, maka daging buah di dalamnya akan ikut bergerak. Keluarkan daging kluwek dengan cara memukul kulit kluwek dengan ulekan.

Cicipi Rasa KLuwek

Cicipi sedikit daging kluwek yang berhasil kamu buka, apakah rasanya pahit atau masam? Jika daging kluwek yang kamu cicipi berasa pahit atau masam, jangan gunakan. Rasa pahit dan masam pada daging kluwek bisa mempengaruhi cita rasa kuah rawon kamu. Kerok biji kluwek dan tempatkan pada mangkuk yang bersih.

Seduh dengan Air Panas

Langkah selanjutnya adalah menyeduh daging kluwek dengan air panas kurang lebih selama 5 menit. Jika langkah-langkah tersebut sudah kamu lakukan, yang terakhir adalah menyaringnya. Saringan air kluwek inilah yang akan digunakan sebagai kuah rawon kamu nantinya.

Bagaimana Sahabat Fimela? Sudahkah siapkah kamu mencoba resep baru membuat rawon? Selamat mencoba dan semoga rawon buatanmu terasa lebih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading