Sukses

Food

Cara Mengatasi Adonan Roti yang Lengket karena Terlalu Lama Diistirahatkan

Fimela.com, Jakarta Membuat adonan roti yang kalis dan mengembang memang butuh latihan sendiri. Tidak semua orang bisa langsung berhasil pada percobaan pertama dalam membuat adonan roti yang sempurna. Ada yang terlalu bantat bahkan bisa sangat lengket setelah didiamkan terlalu terlalu lama.

Setelah diuleni sampai kalis, adonan roti perlu diistirahat agar mengembang. Tahapan ini disebut dengan proofing atau pengistirahatan adonan setelah profesi fermentasi berlangsung. Adonan pun bisa mengembang maksimal. Tapi kalau terlama lama diistirahatkan (over proofing), adonan roti bisa jadi lengket. Adonan bisa jadi sangat lembek dan sulit dibentuk.

Lantas, bagaimana agar adonan roti tidak terlalu lengket setelah didiamkan dalam waktu cukup lama? Beikut cara mudahnya.  

Manfaatkan Tepung Terigu

Cara mengatasi adonan roti yang lengket karena terlalu lama diistirahatkan ternyata cukup mudah. Cara pertama adalah menambahkan tepung terigu ke permukaan adonan. Menambahkan taburan tepung akan membuat adonan tak lagi lengket. Ini juga bisa membuat adonan roti lebih mudah dibentuk. 

Manfaatkan Margarin

Cara kedua yaitu dengan melumuri telapak tangan kita dengan margarin. Lumuri telapak tangan kita dengan margarin secukupnya. Lalu pegang adonan untuk kemudian kita bentuk dan timbang sesuai dengan kebutuhan.

Mendiamkan adonan terlalu lama setelah diuleni memang bisa menyebabkannya jadi sangat lembek dan lengket. Jadi, penting sekali untuk tidak sampai terlalu lama mengistirahatkkanya, ya. Karena kalau sudah over proofing bakal membuat kita harus berusaha keras lagi dalam membentuk dan mengolahnya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading