Sukses

Food

Cara Mudah Membuat Latte Art ala Kafe di Rumah yang Murah

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang, nongkrong di kedai kopi mejadi tren anak muda, untuk sekedar menikmati kopi dan senja. Ada juga sebagian orang yang pergi ke kafe untuk ngopi bersama teman, dan juga mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah. Karena kafe atau kedai kopi memiliki suasana yang menyenangkan.

Biasanya kopi yang ada di kafe disajikan dengan latte art, agar kopi tersebut terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Latte art merupakan seni menghias bagian atas kopi menggunakan bahan cafe latte. Membuat latte art ini tidak terlalu susah dan bisa dilakukan di rumah.

Cara membuat latte art sangatlah mudah. Latte art bisa dipelajari di rumah. Kalau Sahabat Fimela tertarik untuk membuat kopi dengan latte art buatanmu sendiri, yuk simak artikel berikut ini cara mudah membuat latte art ala kafe di rumah, dengan alat dan bahan yang tidak mahal:

1. Persiapkan Bahan dan Alat

Cara mudah membuat latte art ala kafe di rumah yang pertama, yaitu Sahabat Fimela harus mempersiapkan semua bahan dan alat. Bahan utama yang diperlukan adalah susu non fat dan kopi. Untuk alat, siapkan french press atau aeropress untuk membuat espresso, cangkir kopi dan gelas untuk latte.

Alat dan bahan ini bisa dibeli di toko online atau ecommerce. Jangan lupa untuk membandingkan harga dan ulasan dari toko yang akan dibeli. Karena ada beberapa produk yang dijual dengan murah, namun kualitasnya bagus dan sebaliknya.

Setelah alat dan bahan terkumpul, jangan lupa untuk memanaskan air dan kopi. Lebih baik untuk menggunakan microwave saat memanaskan air dan kopi. Hal ini dilakukan agar suhu panasnya lebih bisa diatur.

2. Gunakan French Press atau Aeropress

Cara mudah membuat latte art ala kafe di rumah dengan menggunakan french press atau aeropress. Alat ini merupakan alat untuk membuat espresso yang dijual dengan harga murah, jika dibandingkan dengan mesin pembuat kopi lainnya. Kurang lebih alat ini bisa dibeli seharga 100ribuan hingga 300ribuan.

Cara membuat dengan alat ini pun sangatlah mudah. Pertama siapkan air panas yang dipanaskan dengan suhu 50-55 °C. Agar biji kopi tidak gosong dan kopi memiliki rasa kopi yang pas.

3. Membuat Foam Susu

Kunci utama saat membuat latte art agar berhasil, yaitu pada saat membuat foam dari susu. Kamu hanya perlu menyiapkan susu murni non fat. Kemudian botol tahan panas dan alat untuk mengocok susu.

Cara yang harus dilakukan adalah memasukkan susu murni non fat ke dalam alat untuk mengocok susu yang tahan panas. Lalu kocok susu dengan cepat hingga berbusa. Setelah berbusa, masukkan ke dalam microwave dengan suhu yang cukup panas sekitar 1 menit, dan foam pun siap digunakan.

Terakhirkan tuangkan espresso ke cangkir, lalu tambahkan foam susu dengan memiringkan cangkir kopi hingga penuh. Kamu bisa menggunakan tusuk gigi untuk menggambar latte art, atau membentuk latte art pada saat menuangkan foam ke kopi. Latte art bisa dibentuk sesuai dengan bentuk yang kamu suka seperti bentuk hati.

What's On Fimela
Loading