Sukses

Lifestyle

Melihat Pengalaman Daur Ulang dari Kopi Kapsul Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Industri kopi semakin maju dengan kehadiran kopi kapsul. Selain penyajian yang lebih praktis, kopi yang dikemas dalam kapsul akan menjaga kualitas rasa dan aroma kopi hingga ke cangkir penikmatnya.

Inovasi di industri kopi ternyata tidak berhenti pada penyajiannya yang lebih efektif dan praktis. Nespresso pun memikirkan bagaimana cara mendaurkan limbah kopi kapsul setelah kopi diseduh.

Bahan alumunium dalam setiap kapsul Nespresso dapat didaur ulang 100% hingga menjadi barang baru. Setiap kapsul akan didaur ulang dan dibentuk menjadi barang atau kebutuhan sehari-hari. Mulai dari pena, sepeda, bahkan kembali menjadi kapsul kopi yang baru.

Pada inisiatif terakhirnya, Nespresso memberikan penghormatan pada budaya Asia dengan meluncurkan set sumpit limited edition. Sumpit ini dihiasi dengan detail elemen berbahan alumunium yang diambil dari 30 kapsul daur ulang Nespresso di Asia.

 

Didaur ulang menjadi barang kebutuhan sehari-hari

Bahan alumunium daur ulang ini digunakan untuk menghias sumpit berasal dari kopi kapsul seri Volluto dengan motif ilustrasi pertanian. Dikemas dalam kotak spesial yang terbuat dari bahan kertas, set sumpit dilengkapi dengan holder yang mengisahkan tentang cerita #RecyclewithNespresso.

Sama seperti sumpitnya, kotak hiasnya pun dibuat dari bahan ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali seabgai dispenser kapsul Nespresso. Dalam satu kotak bisa memuat hingga 12 buah kapsul.

"Set sumpit Second Life ini merupakan salah satu bentuk nyata kontribusi kami yang relevan untuk para penikmat kopi, dan kami harap ini juga akan mendorong para penikmat kopi untuk mendaur ulang kapsul mereka, dan ikut serta menjadi bagian dari pengalaman penuh arti ini bersama Nespresso. Setiap partisipasi sangatlah berarti untuk membantu inisiatif daur ulang kami,” jelas MarkAshlin Senior, Brand Director Nespresso Indonesia.

 

Bekerja sama dengan Waste4Change

Set sumpit limited edition ini sendiri merupakan bagian dari proyek Second Life milik Nespresso yang dimulai pada 2016. Hal ini untuk mempromosikan gerakan daur ulang kapsul kopi alumunium sekaligus menunjukkan bentuk nyata dari inisiatif daur ulang Nepresso.

Di Indonesia, Nespresso bekerja sama dengan Waste4Change untuk memisahkan sampah alumunium kapsul dengan ampas kopi. Setelah melalui proses pemisahan, kapsul akan dikirimkan ke perusahaan daur ulang alumunium. Sementara ampas kopi akan dikirimkan ke pertanian di Jawa Barat untuk diubah menjadi pupuk kompos.

Simak video berikut ini

#changemaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kreasi Resep Kopi Vanilla Favorit ala Barista yang Bisa Dibikin di Rumah
Artikel Selanjutnya
Alternatif Minum Kopi yang Lebih Sehat dengan Susu Gandum