Sukses

Food

Cara Membuat Minuman Kombucha Lemon Favorit Jungkook BTS yang Sehat dan Menyegarkan

Fimela.com, Jakarta Saat ini apa yang digunakanpara member BTS langsung habis terjual. Apalagi jika membeli merch mereka, harus extra sabar karena dalam beberapa detik saja sudah sold out.

Jungkook BTS pun menjadi salah satu member BTS yang dijuluki King of Sold Out. Apa yang ia kenakan langsung diburu para Army --sebutan fans BTS. Misalnya, pakaian hanbok yang sering ia kenakan, pewangi pakaian, dan yang terbaru teh kombucha rasa lemon.

Melansir laman allkpop, penjualan teh kombucha rasa lemon dari produsen minuman yang muncul di V LIVE Jungkook pada Sabtu, 27 Februari 2021 tersebut naik sampai 500 persen.

Jumlah penjualan tersebut tercatat tak lama setelah klip siaran langsung idol 23 tahun tersebut beredar. Jungkook BTS memang berkeinginan mendukung bisnis lokal dengan membeli produk jadi.

Kombucha semacam teh fermentasi yang dibuat dengan proses fermentasi menggunakan campuran jamur dan bakteri yang disebut SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast). Kadang disebut juga bibit kombucha atau jamur kombucha.

Kombucha dikenal sebagai minuman sehat. Salah satu khasiatnya yang paling dicari adalah memperlancar pencernaan. Selain itu, konsumsi minuman ini secara teratur juga bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan gangguan ginjal.

Resep dan Cara Membuat Kombucha

Sahabat Fimela juga bisa membuat sendiri kombucha lemon, minuman kesukaan Jungkook BTS. Berikut resepnya.

Bahan:

2-3 liter air yang dipanaskan sampai mendidih lalu didiamkan selama semalam

8 kantung teh hijau atau teh hitam

200 gram gula putih

1--2 buah SCOBY (bibit kombucha) siap pakai

larutan starter atau cuka kombucha secukupnya (biasa dijual sepaket bersama SCOBY)

125 ml air perasan lemon segar

1 sendok makan gula kelapa

250 ml air

Es batu secukupnya

Cara Membuat Kombucha:

1. Didihkan air dalam panci bersih. Angkat dan tambahkan gula dan teh. Biarkan terendam sementara air mendingin hingga mencapai suhu ruang.

2. Pastikan tangan bersih dan keluarkan SCOBY dengan lembut dan letakkan di piring.

3. Setelah benar-benar bersuhu ruang, tuangkan campuran teh dan gula ke dalam stoples, lalu tuangkan starter kombucha tanpa rasa.

Jika menggunakan dua stoples, tuangkan setengah starter kombucha ke masing-masing stoples.

4. Masukkan SCOBY ke dalam stoples dengan hati-hati, lalu tutup dengan beberapa lapis kain. Pastikan rapat sebelum dikencangkan dengan karet gelang.

5. Letakkan stoples di tempat yang gelap dengan suhu antara 21--24 celcius selama 6--10 hari. Mulailah mencicipi teh sekitar enam hari dengan menarik sedikit teh menggunakan sedotan kertas. Sebagai catatan, semakin hangat suhu, semakin cepat kombucha berfermentasi.

6. Campurkan kombucha yang sudah dibuat dengan air perasaan lemon. Lalu larutkan 1 sendok makan gula kelapa ke dalam air di wadah berbeda.

7. Lalu campur air gula kepala dicampurkan kedalam campuran kombucha dan lemon. Aduk hingga rata, akan lebih segar ditambah es batu.

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading