Sukses

Food

Mengenal 10 Makanan yang Bisa Bantu Menjaga dan Meningkatkan Imun Tubuh

Fimela.com, Jakarta Sekarang, apapun yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan imun tubuh adalah hal penting. Vaksin COVID-19, suntikan flu, booster, dan asupan makanan adalah hal-hal yang saat ini harus benar-benar diperhatikan.

Mengonsumsi makanan dan minuman bergizi bisa membantu tubuh tidak mudah sakit. Walaupun makanan sehat bukan pengganti vaksin, tapi bisa sangat membantu, seperti dilansir dari huffpost.com.

1. Labu

Labu memiliki kandungan vitamin C dan A, dua nutrisi yang sangat penting untuk imun tubuh. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu menangkal penyakit, sedangkan vitamin A bekerja meningkatkan fungsi imun.

2. Madu

Madu memiliki beragam kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan, serta flavonoid, dan asam fenolik, yang bertindak sebagai antioksidan, membantu menjaga imun tubuh.

3. Kol

Kol adalah sumber vitamin C yang bagus, membantu menjaga sistem imun. Mirip dengan sayuran silangan lainnya, kembang kol juga tinggi antioksidan, yang membantu memerangi peradangan dan melindungi tubuh dari penyakit.

4. Kubis Brussel

Makanan ini berfungsi sebagai agen detoksifikasi alami bagi tubuh, tapi juga memiliki kandungan vitamin C, B6, serat, dan potasium yang luar biasa.

 

 

5. Labu acorn

Labu acorn memiliki kandungan kalsium, potasium, beta karoten, dan vitamin A.

6. Apel

Apel adalah sumber serat dan vitamin C yang sangat baik, selain potasium, vitamin K, mangan, dan berbagai vitamin B.

7. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti peradangan, sangat baik dikonsumsi ketika sistem imun tubuh sedang menurun. Kunyit adalah salah satu rempah paling kuat.

8. Labu butternut

Labu butternut kaya akan kandungan vitamin A, yang berfungsi tidak hanya sebagai antioksidan, tapi juga meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin A sangat penting selama masa kehamilan untuk membantu menjaga pertumbuhan sel dan perkembangan janin.

9. Cranberry

Fitokimia dalam cranberry telah terbukti memiliki efek antioksidan dan antimikroba utama dalam tubuh, berfungsi meningkatkan penuaan yang sehat. Mengonsumsi cranberry bisa meningkatkan sistem imun tubuh, membantu melawan infeksi dan bakteri.

10. Pir

Selain sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan imun tubuh, pir mengandung pektin, yang merupakan serat yang memberi nutrisi pada bakteri usus yang sehat. Serat dalam buah ini telah dikaitkan dengan pengaturan sistem imun tubuh, yang bisa membantu melawan pilek, flu, dan infeksi.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading