Sukses

Food

2 Resep Camilan Sehat dari Oatmeal Ala Chef Devina Hermawan

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini, semakin banyak orang yang melihat dan merasa perlunya menerapkan pola hidup dan makan atau camilan sehat

Penelitian Google sepanjang tahun 2020 atas kata kunci yang paling banyak digunakan (trending words) mengungkapkan adanya lima tren utama, dua diantaranya adalah  ‘Individual Matters’ lebih fokus ke menjaga kualitas hidup dan ‘Sweet Relief’ yaitu keseimbangan hidup.

Selama pandemi, orang Indonesia terus mencari cara untuk meningkatkan kualitas hidupnya, baik fisik maupun mental, salah satunya dengan konsisten mencari kegiatan relaksasi di rumah seperti memasak makanan dan camilan sehat.  

“Kami melihat selama pandemi, pola hidup masyarakat berubah dengan semakin proaktif mencari informasi terkait pola makan sehat  melalui laman-laman kesehatan maupun portal berita. Penerapan berkegiatan di rumah, baik untuk bekerja dan belajar, membuat masyarakat terpacu untuk mencari inspirasi menu masakan sehat dari berbagai konten di media sosial untuk dimasak dirumah,” ujar Andina Mutya, Commercial Lead Quaker Indonesia. 

Oatmeal pun menjadi salah satu makanan sehat yang dihasilkan oleh tumbuhan Avena sativa. Dikatakan sehata karena serelia tinggi akan serat, dan antioksidan. Mengonsumsi oat diyakini sangat baik untuk kesehatan karena kandungan seratnya selain membantu fungsi pencernaan, kandungan beta-glucan di dalam oat membantu mengelola kadar kolesterol dalam darah. 

Oleh karena itu, oat sering digunakan sebagai menu makan sehat atau diet bagi mereka yang ingin menerapkan pola hidup sehat. Untuk menambah varian oat, Quaker Indonesia meluncurkan varian produk oat terbarunya, Rolled Oat atau kepingan oat utuh serbaguna yang dapat digunakan praktis untuk sarapan sehari-hari atau  sebagai tambahan di bahan masakan yang membuat makanan kita super dan enak.

Produk baru Rolled Oat dari Quaker diproses dengan menghasilkan cacahan oat lebih besar, bisa digunakan sebagai sarapan praktis dengan cukup dimasak 5 menit, dan ditambahkan topping favorit. Atau, bisa sebagai tambahan bahan masakan yang membuat masakan menjadi lebih tinggi serat dengan semua kebaikan oat didalamnya, misalnya sebagai pengganti tepung.

Quaker menggandeng Chef Devina Hermawan yang akan berbagi menu makanan super, dengan cukup  menambahkan Rolled Oat di adaptasi resep masakan nusantara dan internasional. 

“Saya bangga dan senang sekali mendapat kehormatan sebagai Brand Ambassador Quaker – produsen oat nomor satu di dunia. Tantangan yang diberikan untuk menginspirasi masyarakat dengan menu makanan super sehat dan lezat menggunakan Quaker Rolled Oat memacu saya untuk terus berkreasi, membuat dan mengadaptasi resep-resep masakan yang saya miliki,” ujar Chef Devina Hermawan. Memenuhi tantangan ‘Goodness of OAT’, Chef Devina akan menghadirkan sejumlah resep menu masakan bernutrisi menggunakan Quaker Rolled Oat. Resep-resep tersebut diadaptasi dari berbagai resep nusantara dan internasional. Salah satu resepnya sebagai berikut 

RESEP

Overnight Oat Cheesecake

Untuk 3-4 porsi 

BAHAN:

Layer Toasted Oat

16 sdm Rolled Oat

4 sdm Almond, cincang

4 sdm Gula¼ sdt Garam

Layer Cheesecake

200 gr Light Cream Cheese

150 gr Yoghurt Plain

1 sdt Ekstrak Vanila¼ sdt Garam

Layer Rolled Oat

16 sdm Rolled Oat

235 ml Susu

8 sdm Topping Mixed Berries/Madu

CARA MEMBUAT:

1. Sangrai semua bahan Layer Toasted Oat.

2. Layer Cheesecake: Kocok cream cheese hingga lembut dan merata, tambahkan yoghurt, vanilla dan garam, aduk rata.

3. Layer Rolled Oat – rendam rolled oat dengan susu.

4. Penyelesaian: Siapkan jar/toples/gelas, masukkan semua bahan dimulai dari Layer Toasted Oat, Layer Cheesecake, dan Layer Rolled Oat (campuran rolled oat direndam susu). Dinginkan di kulkas minimum 4 jam, dan tambahkan topping sesukamu.

2. Rolled Oat Bread

Untuk 1 loaf (ukuran Loyang 20cm x 10cm x 14cm)

BAHAN:

Bahan Oat Bread

300 gr Tepung Terigu Protein Tinggi

35 gr Rolled Oat, haluskan

35 gr Gula Palem

5 gr Ragi Instan

155 gr Susu/Susu Almond

1 btr Telur

Bahan Tambahan

30 gr Margarin

3 gr Garam

Bahan Topping

60 gr Rolled Oat

CARA MEMBUAT: 

1. Campurkan semua bahan oat bread, aduk dengan mixer hingga setengah kalis lalu masukkan bahan tambahan. Mixer kembali hingga kalis elastis. Diamkan selama 60 menit dalam keadaan tertutup hingga adonan mengembang.

2. Kempeskan adonan yang sudah mengembang, lalu pipihkan memanjang. Taburkan rolled oats kemudian gulung, pindahkan ke dalam Loyang. Istirahatkan kembali selama 30 menit dalam keadaan tertutup hingga mengembang.

3. Oles permukaan roti yang sudah mengembang dengan air, taburkan rolled oat sebagai topping. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat selama 30 menit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading