Sukses

Food

5 Jenis Cabai yang Sering Ditemukan di Pasaran

Fimela.com, Jakarta Cabai menjadi salah satu bumbu masakan wajib untuk hampir semua masakan di Indonesia. Meski memiliki rasa pedas, adanya cabai dalam bumbu masakan bisa membuat cita rasa setiap masakan yang ada menjadi lebih nendang dan menggugah selera. 

Bicara mengenai cabai, sedikitnya ada lima jenis cabai yang seringkali kita jumpai di pasaran. Dari kelimanya, tentunya memiliki citra rasa dan kegunaan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Apa saja jenis cabai tersebut?

Jenis Cabai di Pasaran

1. Cabai Rawit

Hampir semua jenis makanan pedas di Indonesia pasti menggunakan cabai rawit di dalamnya. Dibandingkan dengan jenis cabai lainnya, cabai rawit memiliki ukuran yang paling kecil. Meski kecil rasa pedasnya jangan dianggap remeh. Cabai rawit ada dua jenis yakni rawit hijau dan rawit merah. 

2. Cabai Besar

Cabai besar terdiri dari dua warna. Cabai besar berwarna merah dan hijau. Rasa cabai ini tidak terlalu pedas. Biasanya cabai besar digunakan untuk memberi warna agar lebih menarik pada setiap masakan. Cabai merah besar biasa digunakan sebagai bumbu masakan balado atau diiris serong untuk memberi warna menarik pada aneka masakan tumis. 

3. Cabai Paprika

Cabai selanjutnya ada cabai paprika. Cabai ini memiliki ukuran paling besar diantara cabai lainnya. Paprika memiliki warna umum berupa merah, kuning dan hijau. Biasanya paprika digunakan untuk pemanis makanan tumis agar memiliki tampilan yang lebih menarik dan menggugah selera. 

4. Cabai Keriting

Cabai keriting memiliki bentuk panjang dan kurus. Cabai keriting yang bisa ditemukan di pasaran ada dua yakni keriting merah dan hijau. Untuk rasa, cabai keriting memiliki rasa yang lebih pedas dari cabai besar tapi masih kurang pedas jika dibandingkan cabai rawit. 

5. Cabai Putih

Cabai ini juga sering kita jumpai di pasaran. Cabai putih memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan cabai rawit. Namun rasanya tidak terlalu pedas. Cabai putih cocok digunakan untuk bumbu masakan bobor atau dicampur bersama sayur santan. Orang Jawa umumnya menggunakan cabai putih sebagai bumbu atau campuran jangan lombok. 

Itulah beberapa jenis cabai yang sering kita temukan di pasaran. Dari beberapa jenis cabai yang ada, mana nih yang jadi cabai favoritmu? 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading