Sukses

Food

Kolaborasi Unik untuk Kelola Surplus Makanan, McDonald's Indonesia Gandeng FoodCycle Indonesia

Fimela.com, Jakarta McDonald's Indonesia mengumumkan kerjasamanya dengan FoodCycle, merilis sebuah program yang dinamakan Food Rescue. Program ini bertujuan mengelola donasi surplus makanan dari restoran McDonald's Indonesia, guna dibagikan kepada pihak yang membutuhkan.

FoodCycle sendiri adalah lembaga nonprofit yang bekerja untuk mendistribusi dan mendaur ulang surplus makanan dari berbagai tempat. Program ini sejalan dengan program yang dimiliki oleh McDonald's, yaitu McD Berbagi dan McDonald's Indonesia.

Program McD Berbagi program rutin yang dimiliki oleh McDonald's Indonesia, menyebarkan semangat berbagi kepada sesama, seperti mengirimkan donasi makanan ke daerah-daerah yang tertimpa bencana, ke komunitas yang membutuhkan di sekitar restoran McDonald's, kepada para petugas pelayanan publik, dan kepada para petugas kesehatan dan sukarelawan di rumah sakit, serta kepada para pengemudi ojek online. Kerjasama dengan FoodCycle kali ini adalah untuk mengelola surplus makanan dari restoran-restoran McDonald's Indonesia.

 

 

McDonald's Indonesia X FoodCycle

Program ini telah berjalan secara rutin sejak tahun 2020, sebagai bentuk partisipasi aktif, mengambil bagian dalam meminimalisir surplus produk, dan membantu mengatasi tingkat kelaparan di Indonesia. Surplus produk yang dibagikan adalah makanan yang layak dan aman dikonsumsi, serta masih memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Berbagai surplus produk yang telah dibagikan adalah fried product, seperti ayam goreng, chicken nugget, kue, cookies, dan muffin. Sejak tahun 2020 hingga saat ini, McDonald's Indonesia telah membagikan surplus produk lebih dari 9,8 ton makanan dan mendistribusikannya kepada total 51 yayasan yang membutuhkan.

Kolaborasi ini juga merupakan bentuk tanggung jawab McDonald's Indonesia terhadap lingkungan untuk meminimalisir limbah makanan. Karena menurut data yang didapat dari riset FoodCycle, sejak tahun 2000 hingga 2019, sampah makanan di Indonesia mencapai 23 juta hingga 48 juta ton.

McDonald's Indonesia X FoodCycle

Jumlah limbah makanan di Indonesia dalam 1 tahun setara dengan makanan yang bisa dikonsumsi oleh 28 juta orang. Saat ini, setiap harinya, pihak FoodCycle melakukan pengambilan surplus produk sebanyak 2 kali di store McDonald's di wilayah Jakarta Utara dan Tangerang Selatan untuk kemudian dikirimkan ke berbagai yayasan yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Sebelum didistribusikan, produk akan diperiksa kembali kualitasnya dan dikemas ulang. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading