Sukses

Food

4 Penyebab Daun Cabai Menguning yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka persiapan menyambut hari Raya Idul Fitri yang akan datang dalam beberapa minggu kedepan, umumnya para ibu rumah tangga mulai giat berbelanja berbagai bahan makanan. Tidak jarang juga fenomena harga bahan pokok seperti daging dan sayur-sayuran melonjak menjadi mahal. 

Untuk mensiasatinya, beberapa orang memilih untuk menanam tanaman sayuran. Salah satu jenis tanaman sayuran yang sering dibudidayakan adalah tanaman cabai

Saat menanam cabai, hal yang paling ditakutkan oleh para petani atau pembudidaya adalah daun cabai yang menguning. Hal ini berarti tanaman tidak tumbuh dengan sehat. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab daun cabai menguning yang perlu diketahui. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Kekurangan Air dan Nutrisi

Daun cabai yang menguning umumnya disebabkan karena underwatering, atau kurang penyiraman dan nutrisi pada tanah. Pada dua kasus tersebut, daun cabai tidak hanya akan menguning, namun pertumbuhan tanaman cabai juga menjadi kerdil,lalu biasanya akan menjatuhkan bunga atau buah.

Jika underwatering adalah penyebabnya, maka yang harus dilakukan adalah meningkatkan intensitas penyiramannya serta menambahkan pupuk yang seimbang. Hal ini dilakukan agar tanaman tidak kekurangan air dan juga nutrisi. 

2. Tanaman Terserang Penyakit

Penyebab daun cabai menguning yang kedua adalah karena terserang penyakit, seperti bercak bakteri, layu, dan hawar daun. Sayangnya, sebagian besar penyakit tersebut tidak bisa diobati sehingga jalan satu-satunya adalahmembuang tanaman yang sakit.

Hal ini harus dilakukan karena jika tidak, maka lokasi tempat tanaman terserang penyakit tadi tidak akan bisa ditanami lagi selama satu tahun penuh. 

3. Terkena Hama

Selain penyakit, hama juga bisa jadi penyebab daun tanaman cabai menguning. Beberapa hama seperti tungau, kutu daun, dan psyllids dapat mengisap tanaman dan mengalihkan nutrisi serta air, alhasil daun tanaman cabai pun menguning.

Cara mengatasi hama pada tanaman bisa dengan menggunakan insektisida. Minyak mimba bisa menjadi pilihan yang pas karena hanya membunuh hama berbahaya dan tidak membahayakan bagi manusia, hewan, atau serangga yang menguntungkan.

 

 

4. Kurang Terpapar Sinar Matahari

Terakhir, penyebab daun cabai menguning adalah karena kurang mendapat sinar matahari. Sama seperti tanaman pada umumnya, tanaman cabai juga membutuhkan asupan cahaya matahari. Jika tidak, maka fotosintesis yang ada di dalamnya menjadi tidak sempurna. 

Untuk itu, sebaiknya kamu memeprhatikan posisi saat menanam tanaman cabai. Usahakan kamu menanamnya di area yang mudah tersinari oleh panas matahari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading