Sukses

Food

5 Makanan Sejenis Ketupat untuk Sajian Khas Lebaran di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Bicara mengenai Lebaran, salah satu hal yang paling identik dari Lebaran adalah sajian ketupat. Ketupat sendiri merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dimasak di dalam janur atau daun kelapa muda hingga matang seperti lontong. Ketupat biasa disajikan bersama opor ayam, gulai nangka muda, gulai kambing, sate, rendang dan sebagainya.

Selain ketupat, ada beberapa makanan lain sejenis ketupat yang sering disajikan sebagai makanan khas Lebaran. Menariknya lagi, makanan sejenis ketupat ini umumnya hanya disajikan di Hari Raya saja. Apa saja makanannya?

Buras dan Lemang

1. Buras

Buras adalah makanan khas Makassar. Rasanya  gurih dan sedap yang khas. Buras memiliki bentuk mirip lontong karena terbuat dari beras. Saat Hari Raya, buras disajikan bersama Coto Makassar. 

2. Lemang

Lemang merupakan sajian lebaran Khas Sumatera Utara khususnya makanan khas bagi masyarakat muslim Tapanuli. Lemang biasanya disajikan bersama masakan berkuah. Terbuat dari beras ketan dan dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam bambu yang dilapisi daun pisang, lemang memiliki cita rasa yang khas. 

Kue Timpan dan Lepet Ketan

3. Kue Timpan

Kue timpan merupakan kue yang wajib ada di setiap rumah saat Hari Raya Idul Fitri di Aceh. Kue tipan memiliki rasa yang gurih dan manis khas. Kue ini dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang. Kue tipan terbuat dari pisang raja, tepung ketan, air, telur ayam, gula, pasir, nangka, daun pandan, kelapa parut dan santan kental. 

4. Lepet Ketan

Lepet merupakan makanan yang mirip dengan ketupat. Rasanya pun hampir sama dengan ketupat namun umumnya lebih gurih. Lepet menjadi makanan khas Hari Raya yang sering dijumpai di masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah. Selain di Jawa Tengah, lepet juga bisa ditemui di Manado.

5. Sekubal

Sekubal merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan asal Lampung. Makanan ini merupakan sajian wajib saat Hari Raya di Lampung. Sama seperti ketupat, sekubal biasa disajikan bersama opor ayam, rendang atau soto. 

Itulah beberapa sajian khas Lebaran yang sejenis dengan ketupat. Dari beberapa makanan di atas, mana yang menjadi favoritmu? Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading