Sukses

Food

Ketahui Manfaat Telur Setengah Matang Beserta Tips Memasaknya

Fimela.com, Jakarta Telur bisa disajikan dengan dua cara, dimasak sampai matang merata atau dibiarkan setengah matang. Telur matang ataupun setengah matang, keduanya sama-sama enak, kok. 

Sama seperti telur yang dimasak sampai matang, telur setengah matang juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Telur setengah matang memiliki kandungan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. 

Lalu, apa saja manfaat telur setengah matang? Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas manfaat telur setengah matang beserta tips memasaknya. Dilanisr dari beragam sumber, simak ulasan selengkpanya di bawah ini. 

Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang

Manfaat Telur Setengah Matang

Telur setengah matang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap satu sajian telur setengah matang mengandung kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan baik untuk fungsi jantung.

Selain itu, telur setengah matang juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu tubuh melawan melawan radikal bebas. Adapun sumber utama dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh diantaranya, ozon, polusi udara, asap rokok, radiasi sinar X-ray, makanan dan minuman yang terkontaminasi racun dan pestisida, sebagian produk industri, dan minuman keras.

Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang

Meskipun telur setengah matang memiliki manfaat bagi tubuh, namun nutrisi telur sebenarnya akan jauh lebih baik ketika dimasak sampai matang sempurna. Pasalnya, ada risiko bahaya yang perlu kamu perhatikan saat mengonsumsi telur setengah matang.

Mengonsumsi telur setengah matang memiliki risiko terjadinya infeksi bakteri Salmonella enteridis yang ada pada kuning telur. Meski tidak semua telur terkontaminasi bakteri tersebut, akan tetapi sulit mengetahui telur mana yang tidak terkontaminasi bakteri Salmonella.

Jika kamu mengonsumi telur setengah matang yang terkontaminasi bakteri Salmonella, maka kamu akan mengalami gejala seperti diare, demam, hingga nyeri perut. Gejala-gejala tersebut dapat berlangsung selama 4 sampai 7 hari.

Tips Memasak Telur Setengah Matang yang Benar

Setelah mengetahui bahaya mengonsumsi telur setengah matang, mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk memasaknya, bukan?

Tenang, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar telur setengah matang yang kamu masak tidak terkontaminasi bakteri Salmonella. Yuk, cek tipsnya di bawah ini: 

 

  1. Rebus telur dengan api yang kecil saja agar tingkat kematangannya sedang.
  2. Pastikan kamu memasukkan telur saat air sudah mulai mendidih. Cara ini dilakukan agar telur cepat matang dari bagian luar ke dalam.
  3. Rebus telur pada air mendidih selama 30 detik saja, setelah itu kecilkan apinya.

Tips Mengupas Telur Rebus Setengah Matang

Setelah selesai merebus telur, kamu juga perlu tahu cara yang benar dan aman untuk mengupasnya. Sebab, jika kamu tidak bisa mengupasnya, telur setengah matang mudah pecah. Berikut beberapa langkah-langkah mengupas telur setengah matang yang benar: 

  1. Siapkan sendok untuk membantu mengupas cangkang telur.
  2. Pecahkan ujung telur yang lebih runcing secara perlahan dan hati-hati.
  3. Gunakan ujung sendok untuk melepaskan cangkang dari telur.
  4. Sisipkan ujung sendok sampai ke bagian bawah telur sehingga memudahkan kulit telur mengelupas. Well done, telur terkupas dengan sempurna.
What's On Fimela
Loading