Sukses

Food

5 Manfaat Bawang Hitam yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Saat mendengar kata 'bawang', pasti kamu akan langsung memikirkan aneka jenis bawang seperti bawang merah, bawang putih, ataupun bawang bombay, dan beragam jenis bawang lainnya. Namun, pernahkah kamu mengenal bawang hitam? 

Bawang hitam merupakan bahan makanan hasil fermentasi dari bawang putih dalam suhu dan kelembapan tertentu. Akibat proses fermentasi ini, kandungan nutrisi pada bawang putih pun ikut berubah. Maka dari itu, tidak heran jika bawang hitam memiliki manfaat yang lebih banyak dibanding jenis bawang lainnya. 

Salah satu manfaat bawang hitam adalah meningkatkan imun tubuh. Masih ada banyak manfaat kesehatan lainnya dari bawang hitam yang perlu kamu tahu. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat bawang hitam yang baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Menilik Kandungan Gizi pada Bawang Hitam

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bawang hitam dikenal memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari jenis bawang lainnya. Sebab, dalam satu butir bawang hitam mengandung: 

  • Energi: 143 kkal
  • Protein: 3,57 gram
  • Lemak: 7,14 gram
  • Karbohidrat: 14,29 gram
  • Serat: 3,6 gram
  • Kalsium: 71 mg
  • Zat besi: 1,29 mg
  • Natrium: 571 mg
  • Vitamin C: 4,3 mg

Selain sejumlah kandungan gizi di atas, bawang hitam juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, yakni sebesar 35 gram. Tingginya kandungan gula membuat daging bawang hitam terasa lebih manis.

Dalam waktu yang sama, bawang hitam juga mengandung senyawa bioaktif yang bersifat antioksidan lebih tinggi. Kandungan ini sangat berperan dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, sebagai penyebab berbagai penyakit.

Manfaat Bawang Hitam

1. Bantu Cegah Terkena Penyakit Kanker

Merujuk pada penelitian dalam jurnal Studies on Garlic, mengonsumsi bawang putih dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker. Hal ini karena adanya kandungan senyawa bioaktif dalam bawang hitam. Tidak hanya itu saja, bawang hitam juga sangat danjurkan bagi pasien kanker lambung, usus besar, paru-paru, hingga leukemia.

Terkait dengan senyawa bioaktif dalam bawang hitam, kandungan ini diketahui bekerja melalui beberapa cara. Sebagai contohya, senyawa bioaktif akan mematikan sel kanker, menghambat pertumbuhan dan penyebaran tumor, menghentikan siklus pertumbuhan sel, dan merangsang produksi protein khusus untuk membunuh sel kanker.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain bermanfaat dalam pengobatan kanker, bawang hitam juga diketahui dapat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, dalam bawang hitam terkandung antioksidan dan antiinflamasi dari senyawa bioaktif yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung.

Dalam tubuh kita, senyawa ini akan melindungi sel-sel pada sistem kardiovaskular lalu menghambat produksi enzim dan protein yang memicu peradangan. Sealain itu, bawang hitam juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah yang berimplikasi pada penurunan risiko penyakit jantung.

Manfaat Bawang Hitam

3. Melindungi Kesehatan Otak

Otak merupakan bagian yang vital dalam tubuh manusia, maka itu diperlukan asupan bergizi untuk menjaga kesehatan otak. Salah satu bahan makanan yang dapat melindungi kesehatan otak ialah bawang hitam.

Pasalnya, antioksidan dalam bawang hitam bisa mengurangi peradangan, yang merupakan efek zat aditif makanan (terutama monosodium glutamat) serta zat lainnya yang bersifat merusak. Efek zat tersebut diketahui dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk daya ingat, serta melindungi otak dari berbagai penyakit yang terkait, seperti demensia, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.

4. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Mengonsumsi bawang hitam secara rutin berkhasiat dalam mengontrol dan menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh. Bukan tanpa alasan, hal ini karena peran dan fungsi senyawa antioksidan dalam bawang hitam yang membantu mengatur kadar gula darah.

Perihal mengontrol kadar gula darah menjadi hal yang sangat krusial. Sebab dalam jangka pendek, gula darah yang terkontrol akan menurukan risiko diabetes. Sementara pada jangka panjang, kadar gula darah yang terkontrol akan mencegah gangguan fungsi ginjal, infeksi kulit, dan penyakit jantung. 

5. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Selain otak, hati juga merupakan organ vital pada manusia yang perlu dijaga. Organ hati memiliki fungsi penting dalam tubuh kita, yakni untuk menetralisir racun dan merombak sel darah merah. Untuk menjaga organ hati agar senantiasa sehat dan dapat berfungsi dengan baik, maka kamu disarankan untuk mengonsumsi bawang hitam karena efek antioksidannya bantu penumpukan lemak pada sel-sel hati serta melindungi sel-sel hati dari peradangan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading