Sukses

Food

Tips Membuat Potato Wedges yang Garing dan Gurih, Lengkap Beserta Resepnya

Fimela.com, Jakarta Potato wedges, pastinya sajian ini sudah tidak asing lagi bukan dilidahmu. Bagaimana tidak, potato wedges adalah menu favorit yang sangat mudah kamu temui di kafe maupun restoran. 

Potato wedges adalah sajian kentang goreng dengan bentuknya yang lebih padat, bisa dimasak dengan cara dikupas kulitnya ataupun sebaliknya, lalu dibumbui dengan aneka rempah. Potato wedges biasanya juga dilengkapi dengan aneka saus dan manyonaise. 

Tidak sulit untuk membuat potato wedges, namun ada beberapa tips yang sekiranya perlu kamu perhatikan. Hal ini agar kamu dapat membuat potato wedges yang garing, renyah, dan gurih. Lalu, apa saja tipsnya? 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas beberapa tips membuat potato wedges yang garing dan gurih, lengkap beserta resepnya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Tips Membuat Potato Wedges

1. Rebus kentang menggunakan air garam

Saat membuat potato wedges, kamu pasti ingin rasa gurihnya meresap sempurna, bukan? Caranya mudah saja, inilah tips pertama yang perlu kamu perhatikan saat membuat potato wedges. 

Disarankan agar kamu merebus kentang terlebih dahulu menggunakan air garam. Rasa asin pada air garam akan membuat kentang mempertahankan bentuknya saat menjadi empuk, serta bagian dalamnya juga akan terbumbui dengan rasa asin.

2. Pastikan kamu memilih jenis kentang yang tepat

Untuk membuat hidangan potato wadges seperti ala kafe ataupun restoran, kamu tidak bisa menggunakan sembarang kentang. Untuk itu, kamu perlu memilih jenis kentang yang tepat. 

Disarankan agar kamu menggunakan kentang jenis Yukon Gold karena kentang ini akan memberikan tekstur renyah di permukaan, namun bertekstur lembut di dalam saat dimasak. Selain kentang Yukon Gold, kamu juga bisa menggunakan kentang russet karena jenis kentang ini akan memberikan kesan yang sama. 

Tips Membuat Potato Wedges

3. Gunakan minyak kelapa saat memasaknya

Beberapa orang mungkin akan menggunakan minyak goreng biasa atau minyak zaitun saat memasak potato wedges. Padahal kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk menggorengnya, alasannya karena minyak kelapa akan membuat sajian kentang menjadi lebih renyah. 

4. Gunakan api sedang 

Untuk mendapatkan potato wedges yang garing dan matang sempurna, sebaiknya kamu menggunakan api sedang saat menggorengnya. Hindari menggoreng dengan api besar karena itu hanya akan mempercepat permukaan luar kentang matang tetapi bagian dalamnya belum matang secara sempurna. 

5. Hindari membolak-balikkan kentang secara cepat

Jangan terlalu sering membolak-balikkan kentang, karena akan mengganggu proses pencoklatan. Tunggu sampai berwarna keemasan dan renyah di satu sisi sebelum kamu membaliknya.

Sementara itu, masak sisi lainnya sampai renyah dan berwarna cokelat keemasan. Jika sudah matang, bumbui dengan garam dan bumbu lainnya, kentang pun siap disajikan. 

Resep Potato Wedges Goreng Anti Ribet

Bahan-bahan: 

  • 3 buah kentang, potong dan belah jadi enam bagian
  • Minyak kelapa, secukupnya

Bahan adonan tepung:

  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdt oregano kering
  • 1 sdt lada hitam bubuk
  • Garam, secukupnya
  • 4 butir merica, haluskan
  • Kaldu jamur bubuk, secukupnya jika suka
  • Air, secukupnya kira-kira setengah gelas

Cara membuat potato wedges goreng: 

  1. Siapkan semua bahan, cuci bersih kentang. Cuci hingga air cucian bening.
  2. Panaskan air hingga mendidih kemudian masukkan kentang ke dalam rebusan air, rebus kira-kira selama 3 menit hingga kentang setengah matang. Tiriskan kentang.
  3. Buat adonan tepung, campur semua bahan dan aduk rata hingga membentuk adonan cukup encer.
  4. Masukkan kentang ke dalam adonan tepung, aduk rata dan diamkan selama 5 sampai 10 menit agar bumbu meresap.
  5. Panaskan minyak, goreng potato wedges hingga berwarna kuning kecokelatan.
  6. Angkat potato wedges yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

Bagaimana, resepnya sangat mudah dan praktis, bukan? Supaya sajian semakin nikmat, jangan lupa sediakan juga aneka saus. Jadi, kamu bisa memakannya sambil dicocol dengan saus favorit. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading