Sukses

Food

Bagaimana Cara Memasak Ayam Suwir Kecap? Ini 5 Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara mudah mengolah ayam agar tidak membosankan adalah dengan menjadikannya ayam suwir kecap. Tapi mungkin banyak orang ingin tahu tips memasak ayam suwir kecap. Ini caranya agar ayam suwir kecap enaknya nendang dan bikin nagih.

1. Rebus ayam terlebih dahulu

Pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bersih ayam dan merebusnya hingga matang. Jika ingin cepat matang, potong daging ayam menjadi beberap bagian lebih kecil sama besar sehingga panjang suwiran ayamnya juga sama. Pilih daging bagian dada yang berserat karena lebih cocok dijadikan ayam suwir.

2. Jangan pelit bumbu

Kunci agar ayam suwir kecap enak adalah tidak pelit bumbu. Ada dua jenis bumbu yang perlu disiapkan, bumbu halus (berupa bawang, cabai, dan kemiri) dan bumbu utuh (serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk) sebagai penambah aroma. Gunakan gula garam dan penyedap rasa secukupnya.

3. Tumis bumbu hingga matang

Jangan abaikan proses pemasakan bumbu hingga matang karena sangat menentukan rasa ayam suwir yang dimasak. Gunakan cukup minyak agar bumbu memungkinkan untuk dimasak lama tanda cepat gosong. Jika bumbu halus sudah setengah matang, tambahkan bumbu utuh atau daun-daunan, masak hingga matang agar aromanya keluar.

4. Beri kecap manis

Cara keempat adalah menuangkan kecap manis secukupnya. Pastikan penambahan kecap manis sedikit demi sedikit sambil sesekali dirasakan agar tidak berlebihan sehingga ayam suwir tidak terlalu manis rasanya dan terlalu basah. Bisa juga dikombinasikan dengan sedikit penambahan kecap asin untuk warna yang lebih pekat dan menggugah selera. 

5. Masak hingga bumbu meresap

Langkah terakhir membuat ayam suwir kecap yang enak adalah dengan memasaknya agak lama agar bumbu meresap ke dalam ayam suwir, Jika dirasa terlalu kering, tambahkan air kaldu atau santan agar hasilnya lebih gurih. Masak terus sambil diaduk hingga kering.

Itu dia sekian cara memasak ayam suwir kecap yang enak dan patut dicoba di rumah.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading