Sukses

Food

Apa Itu Tepung Terigu Protein Sedang?

Fimela.com, Jakarta Jika kamu pernah memasak dan melihat banyak resep makanan atau kue, mungkin kamu akan sering melihat bahan berupa tepung terigu protein rendah, sedang atau tinggi. Apa itu tepung terigu protein sedang? Atau apa itu tepung prtein rendah dan tinggi? Apa bedanya dan gunanya?

Secara umum, tepung terigu merupakan tepung yang terbuat dari biji gandum yang digiling hingga teksturnya halus dan lembut. Umumnya warna tepung terigu adalah putih bersih sedikit kekuningan tapi tidak kusam. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung terigu protein rendah, sedang dan tinggi.

Disebut juga tepung terigu serbaguna

Untuk tepung terigu yang paling sering dipakai atau digunakan secara umum baik pada masakan maupun membuat kue adalah tepung terigu protein sedang. Tepung terigu protein sedang juga sering disebut dengan tepung terigu serbaguna. Jadi jika membaca resep dan mencantumkan tepung terigu serbaguna, maka itu adalah sebutan untuk tepung terigu protein sedang.

Tepung protein sedang umumnya digunakan untuk membuat kue berupa donat, pancake, brownies, bolu, cakwe, dan berbagai roti sederhana lainnya. Tepung serbaguna ini juga biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam kue basah. Untuk makanan gurih, bisa digunakan untuk membuat kulit pangsit, kulit risoles, kulit lumpia, pastel dan saus yang tidak kental. 

Kandungan gluten atau protein

Mengapa disebut tepung terigu protin sedang? Karena memang kandungan proteinnya sedang. Hal itu diperoleh dari kandungan gluten dari tepung terigu itu sendiri yang diperkirakan sekitar 8-10% atau mencapai 10,5-11,5%. Tingginya kadar protein ini juga disebabkan oleh jenis gandumnya, ada gandum yang menghasilkan protein tinggi, sedang atau rendah.

Karena memiliki protein sedang, tepung terigu jenis ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari membuat roti, kue basah, kue kering, menggoreng makanan, hingga membuat saus. Tepung terigu protein sedang juga mampu menggantikan perasan tepung protein rendah maupun tinggi meskipun tidak bisa semaksimal hasil jika menggunakan tepung terigu khusus tersebut.

Sifat umum tepung terigu protein sedang

Sifat tepung terigu protein sedang adalah mampu menyerap air, mudah diuleni tapi tidak elastis (seperti tepung protein tinggi) dan tidak memberikan hasil akhir sangat renyah (seperti tepung protein rendah). Salah satu contoh tepung terigu protein sedang di pasaran adalah yang memiliki kemasan segitiga biru.

Jadi, itu dia maksud dari tepung terigu protein sedang.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading