Sukses

Food

Serajah Kue Risoles, Camilan Enak yang Mirip Lumpia

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak tahu akan kue enak risoles? Hampir semua orang mengenal dengan baik kue ini dan menyukainya. Namun Sahabat Fimela, mengenai risoles bagaimana kira-kira sejarah dari kue ini? Apakah ini termasuk kue asli Indonesia, kue yang diadaptasi dari makanan dari China seperti halnya lumpia, atau justru kue yang berasal dari negara lain? 

Melansir dari laman wikipedia.com, risoles merupakan makanan yang disebut juga dengan nama risol atau rissole (dalam bahasa Inggris). Risoles adalah makanan berupa pastri yang berisi daging sapi, daging ayam, telur, saus mayonese atau sayuran cincang yang digulung kemudian dilapisi tepung panir serta kocokan telur dan digoreng. Selain digoreng, risoles juga bisa dimasak dengan cara dioven.

Sejarah Asal Usul Risoles

Selama ini jenis risoles yang dikenal ada dua jenis yakni risoles berisi sayuran dengan daging dan risoles berisi ragout. Tapi ternyata, risoles di berbagai negara di dunia ada beragam jenis dan isiannya. Risoles juga memiliki nama sendiri–sendiri di beberapa negara. Lalu kira-kira dari mana asal Risoles?

Mengenai sejarah risoles cukup unik, kue ini awalnya dibuat di Prancis, namanya diambil dari bahasa latin russeolus yang artinya kemerahan, sedangkan dalam bahasa Prancis “risoller” berarti membuat menjadi merah. Di Prancis, kue ini menjadi menu utama sehari-hari. Menu ini juga dibuat sebagai lauk. Risoles menjadi salah satu makanan yang sangat disukai di Prancis. 

Tak hanya disukai di Prancis, risoles juga disukai oleh masyarakat Belanda. Dan pada masa penjajahan Portugis dan Belanda ke Indonesia, bangsa Belanda membawa kue ini ke Indonesia. Masyarakat Indonesia pun akhirnya membuat sajian ini dan menyukainya.

Risoles Disukai di Berbagai Negara di Dunia

Kelezatan dari risoles tak hanya disukai di negara asalnya Prancis atau negara sekitar seperti Belanda saja. Kelezatan risoles juga disukai di berbagai negara lain di dunia dengan versi masing-masing. 

Sejak kemunculannya di abad ke-13, risoles akhirnya menjadi kudapan yang disukai oleh banyak orang di dunia. Risoles kini bahkan dikenal sebagai camilan internasional dengan versi yang berbeda-beda menyesuaikan lidah setempat di setiap negara di dunia. 

Itulah sedikit ulasan mengenai sejarah risoles. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading