Sukses

Food

5 Tips Menggoreng Ayam Agar Tidak Berdarah

Fimela.com, Jakarta Mengapa fried chicken berdarah? Pernah bertanya tentang hal ini Sahabat Fimela. Ya, saat memasak atau menggoreng ayam tidak jarang kita mendapati daging ayam yang masih berdarah bahkan tidak matang sempurna. Padahal tepung untuk ayam goreng sudah matang dengan baik atau cenderung gosong. 

Ayam goreng yang masih berdarah akan membuat selera makan turun. Bukan hanya itu saja, ayam goreng yang masih berdarah juga dipercaya bisa berakibat fatal buat kesehatan tubuh. Ayam goreng yang masih berdarah dikatakan mampu menyebabkan kita keracunan. Jadi, penting untuk menggoreng ayam dengan baik dan benar agar matang sempurna dan tak berdarah. 

Bagaimana tips menggoreng ayam agar tidak berdarah? Simak yang berikut ini.

Perhatikan Potongan Daging Ayam

Tips pertama adalah perhatikan potongan daging ayam. Ayam yang dipotong dengan ukuran kecil akan lebih mudah matang secara merata dibandingkan ayam yang dipotong dengan ukuran besar. 

Selain ukuran potongan ayam, teknik memotong ayam juga perlu diperhatikan dengan seksama. Pastikan memotong daging ayam di bagian sendi atau ototnya. Teknik ini akan membuat daging ayam lebih rendah berisiko berdarah setelah digoreng.

Beli Daging Ayam Segar

Agar daging ayam yang dimasak tidak berdarah, pastikan untuk menggoreng daging ayam yang dibeli dalam keadaan segar. Daging ayam ini lebih baik dari daging ayam yang sudah masuk freezer atau daging ayam yang dibekukan. Daging ayam yang masih segar juga menurunkan risiko berdarah setelah digoreng.

Tusuk Daging Ayam dengan Garpu atau Tusuk Gigi Sebelum Diolah

Sebelum digoreng, usahakan untuk menusuk daging ayam dengan garpu atau tusuk gigi. Usahakan juga untuk mencuci bersih daging ayam yang hendak digoreng. Cara ini bisa membuat daging ayam matang merata saat dimasak baik dimasak dengan cara dikukus, direbus atau digoreng.

Gunakan Api Sedang Saat Menggoreng

Saat menggoreng daging ayam, gunakan api sedang cenderung kecil. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama agar daging ayam matang sempurna, ini lebih baik dan menjamin agar daging ayam tidak berdarah setelah selesai digoreng.

Goreng dengan Merendam Daging Ayam (Deep Frying)

Baik dimasak dengan cara direbus atau digoreng, pastikan untuk memasak dengan merendam seluruh daging ayam. Teknik memasak hingga daging terendam akan membuat daging ayam matang sempurna hingga ke dalam dan mengurangi risiko daging berdarah. Untuk menggoreng ayam, gunakan minyak yang banyak hingga merendam seluruh daging ayam. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menggoreng ayam agar tidak berdarah. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading