Sukses

Food

5 Tips Menggoreng Ikan Agar Minyaknya Tidak Meletup-Letup

Fimela.com, Jakarta Menggoreng ikan merupakan aktivitas yang cukup menguras emosi. Perlu keberanian tinggi untuk menggoreng ikan yang garing, renyah dan enak. Ketika trik kita saat menggoreng ikan salah, ini bisa meningkatkan risiko minyak untuk menggoreng ikan meletup-letup. Kalau sudah meletup, ini bisa mengenai kulit kita dan terasa sakit karena terbakar minyak panas. 

Minyak yang meletup-letup juga meningkatkan risiko ikan yang digoreng hancur karena lengket di wajan. Untuk mengurangi letupan minyak saat menggoreng ikan, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Apa saja tipsnya? Simak yang berikut ini. 

1. Pastikan Wajan Bersih dan Kering

Sebelum menggoreng, pastikan jika wajan bersih dan kering. Wajan yang bersih dan kering akan mengurangi risiko minyak meletup dan ikan lengket saat digoreng. Sebelum digunakan untuk menggoreng ikan, pastikan wajan telah dicuci bersih dan tidak ada sedikitpun makanan lain yang menempel di wajan. 

2. Goreng Saat Minyak Telah Panas

Usahakan untuk memasukkan ikan ke dalam minyak goreng saat minyak telah panas. Minyak yang panas akan membuat ikan cepat matang dan terhindar dari risiko lengket pun meletup-letup minyaknya. Selain minyak harus panas, gunakan juga minyak dengan jumlah cukup banyak atau merendam semua bagian tubuh ikan.

3. Baluri Ikan dengan Tepung Kering

Sebelum menggoreng ikan, usahakan untuk membaluri ikan dengan tepung kering. Kamu juga bisa memasukkan sedikit tepung kering dalam minyak. Tips ini bisa membuat ikan yang digoreng kering dengan baik, tidak lengket dan minyak yang ada tidak meletup-letup.

4. Beri Air Perasaan Lemon ke Minyak

Tuangkan sedikit air perasaan lemon ke dalam minyak. Air lemon bisa menurunkan risiko minyak meletup-letup saat menggoreng. Air lemon juga bisa menurunkan risiko ikan lengket dan bau amis.

5. Balik Ikan Setelah Kering

Saat menggoreng ikan, pastikan untuk membalik ikan setelah satu bagian yang terendam minyak kering. Selain menurunkan risiko minyak meletup-letup, cara ini juga bermanfaat menurunkan risiko minyak lengket. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko minyak meletup-letup saat menggoreng ikan. Tips yang tak boleh ketinggalan lagi adalah goreng ikan dengan api sedang. Api yang terlalu kecil akan membuat ikan sulit kering dan matang, sedangkan api besar akan membuat ikan cepat kering di luar tapi belum matang di dalam. Semloga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Telur Rebus Matang Sempurna, Berapa Menit Merebus Telur?
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menyimpan Sayur Agar Tahan Lama Tanpa Kulkas