Sukses

Food

Tips Membuat Cake Pisang yang Wangi dan Lembut

Fimela.com, Jakarta Bolu adalah salah satu kudapan manis yang kerap dihidangkan untuk menjamu tamu. Selain menjadi hidangan pembuka, bolu juga biasanya dihidangkan untuk merayakan hari-hari penting, seperti hari ulang tahun maupun perayaan besar lainnya. 

Salah satu jenis bolu yang populer dan digemari banyak orang ialah bolu pisang atau juga dikenal dengan cake pisang. Kudapan manis yang satu ini memiliki tekstur yang empuk, lembut, dan terasa berserat. Aroma dari cake pisang juga sangat khas dan wangi. 

Untuk mendapatkan hidangan cake pisang yang sempurna, kamu perlu memperhatikan beberapa tips agar cake pisang tidak bantat atau gagal dibuat. Lalu, apa saja tipsnya? 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas tips membuat cake pisang yang wangi dan lembut. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Tips Membuat Cake Pisang

1. Memilih jenis pisang yang tepat

Ada beragam jenis pisang yang bisa kamu gunakan untuk menjadi bahan dasar pembuatan cake pisang. Namun, untuk menghasilkan adonan yang empuk dan lembut, disarankan agar kamu menggunakan pisang ambon. Pasalnya, pisang ambon tidak hanya mempengaruhi tekstur cake, tetapi juga membuat aromanya menjadi semakin wangi. 

Selain pisang ambon, kamu juga bisa menggunakan pisang yang sudah matang, dimana permukaannya berbintik cokelat. Jangan remehkan jenis pisang yang satu ini karena semakin matang pisang yang kamu gunakan, maka semakin nikmat pula rasa cake nantinya. 

2. Menghaluskan pisang dengan bantuan garpu

Saat hendak diolah, tentu saja kamu perlu menghaluskan pisang dengan cara menekan-nekannya menggunakan garpu. Tekan semua pisang hingga teksturnya halus. Sebab, hal ini akan mempengaruhi tekstur cake pisang setelah matang. 

3. Trik melelehkan mentega

Salah satu komposisi bahan yang wajib digunakan saat membuat cake pisang adalah mentega. Jika umumnya mentega pada pembuatan cake atau kue kering akan dipanaskan hingga meleleh dan cair, maka akan jadi berbeda saat kamu hendak membuat cake pisang. 

Alih-alih dipanaskan hingga cair, kamu justru disarankan agar tidak terlalu lama saat melelehkan mentega. Hal ini perlu dilakukan agar lemak dalam mentega tidak hancur. 

Tips Membuat Cake Pisang

4. Mengaduk adonan menggunakan mixer

Mixer memang menjadi alat wajib yang perlu ada saat kamu hendak membuat makanan manis seperti kue kering dan juga cake. Hal ini karena penggunaan mixer dapat membuat adonan tercampur dengan sempurna dalam waktu yang relatif singkat.

Nah, dalam membuat cake pisang, kamu disarankan untuk mengaduk gula, telur, dan emulsifier menggunakan mixer sampai berjejak dan mengembang. Jangan terlalu lama ya, atau bisa jadi cake yang kamu buat nanti malah bantat dan gagal mengembang. 

5. Menambahkan aneka topping ke dalam adonan

Topping pada cake umumnya memang ditaburkan setelah hidangan matang atau selesai dipanggang. Namun, jika kamu ingin membuat cita rasa cake pisang menjadi lebih lezat, kamu bisa menambahkan beragam topping ke dalam adonannya. Sebagai contohnya, kamu bisa menambahkan butiran coklat chocochip dan juga kacang kenari. 

6. Memasukkan loyang adonan saat panci kukusan mendidih

Setelah kamu selesai membuat adonannya, kini saatnya kamu memasukkannya ke dalam oven pemanggang atau panci kukusan. Nah, ada juga trik yang perlu kamu perhatikan saat hendak memasaknya. 

Sebaiknya kamu memasukkan loyang berisi adonan ke dalam panci kukusan saat sudah mendidih. Langkah ini perlu diperhatikan supaya adonan cake dapat mengembang dengan sempurna dan menghindari adonan menjadi bantat atau gagal mengembang. 

Ladies, itulah tadi beberapa tips membuat cake pisang agar teksturnya menjadi empuk dan lembut serta aromanya juga wangi. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading