Sukses

Food

Sejarah Mie Instan, Makanan Enak Kesukaan Semua Kalangan

Fimela.com, Jakarta Mie instan menjadi salah satu makanan yang disukai oleh semua orang. Rasanya yang enak dan harganya yang sangat terjangkau menjadikan mie instan sebagai salah satu makanan sejuta umat dari kalangan bawah, menengah hingga atas. Selain rasanya yang enak, mie instan sangat disukai karena untuk memasaknya hanya membutuhkan waktu yang sangat sebentar dan cara yang super praktis. 

Mengenai mie instan, tahukah kamu bagaimana asal usul mie instan? Apakah mie instan  berasal dari Indonesia atau merupakan makanan adaptasi dari China seperti makanan Indonesia pada umumnya?

Asal-Usul Mie Instan

Jika pada umumnya ada banyak makanan Indonesia yang diadaptasi dari makanan dari China maupun Belanda, mie instan tidak berasal dari kedua negara tersebut. Mie instan menjadi makanan yang ternyata berasal dari negeri sakura Jepang. 

Melansir dari laman brilionet.com, mie instan awalnya dibuat sebagai makanan untuk mengatasi krisis pangan di Jepang setelah kekalahan Jepang pada Perang Dunia II. Mie instan pertama kali muncul pada tahun 1958. Mie ini awalnya dibuat oleh seorang pengusaha bernama Momofuku Ando. Momofuko membuat mie yang bisa tahan lama dengan cita rasa enak dan diberi nama Chicken Ramen. 

Mie instan yang enak ini kemudian didistribusikan ke seluruh pelosok Jepang. Dimasak dengan cara cukup diseduh memakai air panas, memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan, mie instan kemudian menjadi makanan yang digemari di sana.

Masuknya Mie Instan Pertama Kali ke Indonesia

Kelezatan mie instan ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Jepang. Mie instan kemudian terus menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk negara-negara Asia dan Eropa. 

Di Indonesia, mie instan pertama kali hadir pada tahun 1968. Mie instan pertama dibuat dengan merek Supermi. Karena banyak masyarakat yang menyukai mie instan, mie instan yang ada di Indonesia terus mengalami perkembangan. Kini ada beragam merek mie instan yang  beredar dengan beragam cita rasa. Mie instan yang ada kini pun terdiri dari berbagai macam penyajian. 

Itulah sedikit ulasan mengenai sejarah mie instan. Semoga informasi ini bermanfaat dan simak sejarah berbagai makanan lain di Fimela.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading