Sukses

Food

6 Manfaat Jagung Rebus yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Selain nasi, bahan makanan lain yang bisa menjadi pengganti makanan pokok ialah jagung. Umumnya, jika jagung rebus dijadikan sebagai pengganti nasi, maka biasanya akan disajikan dengan cara direbus. 

Bagi kamu yang belum terbiasa pastinya akan merasa kurang berselera dalam menyantapnya. Padahal, jagung rebus ini punya banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho. 

Tiap jagung rebus diketahui mengandung serat, asam folat, vitamin C, vitamin B, karbohidrat, kalium, protein, dan zat cryptoxanthin. Bahkan jagung rebus juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.

Lalu, apa saja manfaat jagung rebus bagi kesehatan tubuh kita? Dilansir dari beragam sumber, simak penjelasannya di bawah ini. 

Manfaat Jagung Rebus

1. Mencegah Gangguan Pencernaan

Jagung rebus sangat baik dikonsumsi oleh kamu yang sering mengalami masalah gangguan pencernaan. Sebab kandungan serat yang cukup tinggi pada jagung rebus membuat makanan bergerak dengan mulus di dalam saluran pencernaan.

Maka dari itu, gangguan pencernaan seperti susah buang air besar  tidak akan menghampirimu. Namun, lengkapi pula asupan gizi dari makanan sehat lainnya agar kesehatan pencernaanmu senantiasa terjaga. 

2. Menjadi Sumber Energi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jagung dapat menjadi pengganti nmakanan pokok yang biasa kita konsumsi sehari-hari, yakni nasi. Pasalnya, jagung rebus memiliki kandungan karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi. 

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting. Utamanya untuk stamina dan metabolisme pengonsumsinya. Ada sekitar 50 persen kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalori ini harus didapat dari makanan berkarbohidrat seperti jagung rebus.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa laporan kesehatan menyebutkan bahwa penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Maka dari itu, penting untuk kamu memastikan kesehatan jantung, dimulai dari mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. 

Salah satu jenis makanan yang bisa kamu pilih ialah jagung rebus. Sebab dalam jagung rebus terdapat kandungan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang berkhasiat mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah. 

Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C pada jagung rebus juga membantu menurunkan asam amino yang ada dalam pembuluh darah. Tentu saja penurunan asam amino menjadi hal penting karena asam amino yang meningkat dapat menimbulkan masalah pada pembuluh darah.

Manfaat Jagung Rebus

4. Mencegah Kanker Paru-Paru

Dalam jagung rebus terdapat kandungan cryptoxanthin yang berperan dalam mengobati penyakit kanker paru-paru. Sebab, kandungan ini menjaga perkembangan kanker paru agar tidak menjadi ganas sehingga memperkecil risiko buruk yang dapat mengancam keselamatan nyawa. 

Sebuah penelitian terbaru bahkan mengungkapkan bahwa jagung rebus berkhasiat mencegah kanker paru-paru. Pasalnya kandungan cryptoxanthin yang diserap oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A.

 

5. Meningkatkan Daya Ingat

Apakah kamu memiliki masalah kesulitan mengingat sesuatu? Jika kamu mengalaminya, maka sepertinya kamu perlu mengonsumsi jagung rebus. Sebab, salah satu manfaat jagung rebus adalah meningkatkan dan mempertajam daya ingat. 

Hal ini karena di dalam jagung rebus terdapat kandungan Thiamine dan vitamin B1 yang berfungsi meningkatkan daya ingat serta mencegah kamu terkena penyakit alzheimer di usia muda. Meskipun penyakit alzheimer umumnya menyerang lansia, namun hal ini juga bisa dialami oleh kamu di usia muda. Maka dari itu, untuk mencegahnya bisa dimulai dengan mengsonsumsi makanan sehat seperti jagung rebus. 

 

6. Sumber Antioksidan 

Terakhir, manfaat jagung rebus yang keenam ialah dapat menjadi sumber antioksidan untuk tubuh. Bukan tanpa alasan, jumlah antioksidan dalam jagung memang dikenal cenderung lebih tinggi daripada biji-bijian lain.

Kandungan lutein yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang ada dalam jagung rebus akan dapat melindungi mata dari kerusakan sel. Ada juga Zeaxanthin yang merupakan karotenoid paling umum ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini diduga dapat meningkatan kesehatan mata.

Ladies, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi jagung rebus yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika sudah tahu kandungan gizinya, tentu saja kamu tidak ragu lagi untuk menyantapnya, bukan?

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading