Sukses

Food

5 Manfaat Mengonsumsi Cokelat Panas, Ampuh Kembalikan Mood

Fimela.com, Jakarta Cokelat memang selalu menjadi alternatif yang tepat bagi banyak orang untuk mengembalikan mood. Dihidangkan dingin maupun hangat, keduanya sama-sama lezat. 

Namun, umumnya banyak orang memilih sajian cokelat panas dikala mereka ingin bersantai atau menenangkan pikiran. Tahukah kamu, mengonsumsi cokelat panas ternyata punya beragam manfaat kesehatan, loh. 

Tidak hanya sekedar trend untuk terlihat estetik, namun cokelat panas memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? 

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat mengonsumsi cokelat panas. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Manfaat Cokelat Panas

1. Meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati

Kabarnya, cokelat panas adalah minuman yang baik saat kamu sedang ingin menenangkan diri. Hal itu ternyata benar adanya, ladies. 

Mengonsumsi cokelat panas ternyata memang dapat meningkatkan suasana hati dan hal ini berimplikasi juga pada penurunan tingkat depresi seseorang. Jadi, bisa dikatakan bahwa cokelat panas adalah minuman yang tepat untuk kamu dalam melewati masa-masa yang berat. 

Tentu saja manfaat cokelat panas yang satu ini cukup beralasan. Sebab, cokelat mengandung flavanol yang mampu memberikan efek positif pada mood seseorang, ketenangan, dan kesenangan. Menurut penelitian, senyawa ini mampu memperbaiki performa mental seseorang, baik orang tanpa maupun dengan gangguan mental. 

2. Bantu turunkan berat badan

Banyak mengonsumsi makanan manis kabarnya dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan membuat berat badan naik. Namun hal ini ternyata cukup berbeda, jika yang kamu konsumsi adalah cokelat panas. 

Sebab, minum secangkir cokelat panas secara rutin ternyata dapat mengendalikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan minuman ini dalam membuat regulasi energi tubuh semakin membaik sehingga dapat menekan rasa keinginan kita untuk memakan banyak cemilan. 

Manfaat Cokelat Panas

3. Memperkecil risiko terkena penyakit diabetes

Penderita diabetes kerap memiliki pantangan untuk menjauhi makanan manis. Namun, tidak dengan minuman cokelat panas lezat yang satu ini. 

Bukan tanpa alasan, minuman cokelat panas memiliki kandungan flavanol yang berkhasiat menangkal diabetes. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mengendalikan kadar gula darah.

pasalnya, flavanol mampu membuat pencernaan melambat sehingga penyerapan karbohidrat pun tidak akan berlangsung terlalu cepat. Hal tersebut tentunya berimbas pada menurunnya risiko diabetes.

4. Meningkatkan energi tubuh agar aktif beraktivitas

Jika tubuhmu sering terasa lemas atau kamu terlalu malas untuk beraktivitas, maka kamu disarankan untuk mengonsumsi secangkir cokelat panas. Alasannya, minum coklat panas ternyata dapat meningkatkan energi tubuh.

Hal ini pun bahkan telah dibuktikan dalam sebuah studi The Journal of the International Society of Sports Nutrition yang mengungkapkan bahwa cokelat mampu menyuplai ketersediaan oksigen dalam darah saat berolahraga. 

Nah, pastinya supaya tubuh kamu menjadi lebih berenergi dan juga bersemangat untuk menjalani aktivitas berat sehari-hari, disarankan agar kamu rutin mengonsumsi cokelat panas di pagi hari. Agar mendapatkan manfaat paling optimalnya, seduhlah bubuk kakao alami yang rendah gula.

5. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Terakhir, manfaat minum cokelat panas bagi kesehatan ialah dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. merujuk pada publikasi penelitian dalam British Journal of Nutrition, disebutkan bahwa rutin minum cokelat panas bisa membuat organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah menjadi semakin sehat.

 

sealin itu, keberadaan senyawa flavalol dalam cokelat panas juga dikabarkan berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta memperbaiki kondisi pembuluh darah sehingga bisa melancarkan peredaran darah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading