Sukses

Food

Apa yang Dimaksud dengan Rasio Coffee dan Berapakah Rasio yang Ideal? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Pada masa kini mungkin kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak digemari, memiliki aneka macam rasa kopi menjadi teman saat bekerja di siang hari. Kopi sendiri merupakan salah satu minuman yang diseduh dari beberapa bijian kopi yang telah disangrai dan dihaluskan.

Memilih biji kopi dan membuatnya hingga halus tentu penuh kehati-hatian, jika tidak akan merusak rasa dari kopi tersebut. Tahukah kamu bahwa membuat kopi diperlukan rasio yang tepat?

Rasio minuman kopi dengan air ternyata dapat mempengaruhi kekuatan minuman, rasa di mulut, dan masih banyak lainnya. Berikut beberapa penjelasan seputar rasio kopi yang perlu kamu tahu:

Mengapa Rasio Kopi Sangat Penting?

Rasa kopi tentu akan sangat bervariasi tergantung pasa resepnya, resep dari menyeduh kopi sendiri seperti saat kamu memasak kue atau memanggangnya.

Jumlah setiap bahan yang digunakan dalam pembuatan kopi juga sangat penting, hanya dengan menambahkan atau mengurangi jumlah air maupun kopi juga dapat mengubah rasa, kekentalan kopi, dan lainnya. Inilah sebabnya mengapa banyak barista atau coffee shop yang menggunakan timbangan dan timer ketika menyeduh.

Metode Kopi Berbeda, Raiso Kopi juga Berbeda

Ketika kamu menggunakan kopi yang berkualitas tinggi maka akan merasakan beberapa karakteristik dari kopi tersebut, dibanding yang lainnya. Untuk mengetahui rasa akhir dari kopi yang akan kamu buat, diperlukan eksperimen untuk mengetahui mana yang terbaik. Cobalah rasio minuman yang berbeda dengan kopi yang berbeda.

Apakah Ada Rasio Kopi yang Ideal?

Ada baiknya untuk mempelajaru budaya atau ciri khas masing-masing Negara atau kota saat menyuguhkan kopi. Dibeberapa Negara mungkin akan lebih menyukai kopi yang lembut, agak pahits, intens, dan lainnya. Untuk mengetahui hal ini kamu perlu menemukan keseimbangan yang tepat untuk setiap cangkirnya.

1:2 merupakan salah satu rasio paling umum untuk espresso yang digunakan di beberap kafe, antara 1:1 ristretto yang pahit dan 1:4 yang lebih lemah.

Berapakah Rasio yang Diperlukan untuk Membuat Kopi?

  • Rasio Kopi Aeropress dan Air – 1 : 6

Perbandingan 1 : 6 adalah menurut resep Alan Adlen, yaitu penemu Aeropress. Rasio minuman ini biasanya akan menghasilkan konsentrat, seperti espresso, selain itu kamu juga dapat menambahkan air panas atau susu.

  • Rasio Kopi Moka Pot dan Air – 1 : 10

Menurut Bialerri Junior Moka Pot, diharuskan untuk menggunakan rasio 1 : 10 atau air yang memiliki kapasitas 200ml.

  • Rasio Cold Brew dan Air – 9 : 40

Ada banyak cara untuk membuat kopi cold bres, resep satu ini menggunakan Filtron yaitu metode andal untuk membuat minuman dingin yang lembut dan nyaman saat diminuman.

Raiso minuman pada kopi sangatlah penting bagi mereka penikmat kopi, tetapi kamu juga perlu memahami dengan baik manakah rasio yang tepat untuk membuat kopi yang intens. Tidak mudah untuk membuat kopi yang enak, maka dari itu diperlukan eksperimen saat membuat kopi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading