Sukses

Food

Apa Itu Ebi? Apakah Bisa Jadi Penyedap Masakan Alami? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Selama ini, aneka masakan Indonesia umumnya memiliki cita rasa yang kuat karena penggunaan bumbu dan rempah yang kuat di dalamnya. Salah satu bumbu kuat untuk masakan sekaligus penyedap alami masakan adalah ebi. Sudah tahu apa itu ebi Sahabat Fimela? Atau, kamu salah satu orang yang sering memasak dengan memasukkan ebi ke dalam setiap masakanmu?

Apa Itu Ebi?

Ebi merupakan udang yang diawetkan atau dikeringkan. Biasanya, ebi digunakan sebagai bumbu masakan kuah, tumis atau cukup sebagai taburan makanan tertentu. Untuk membuat ebi cukuplah sederhana. Udang segar dicuci hingga benar-benar bersih kemudian direbus kurang lebih selama 30 menit. Udang rebus yang telah matang kemudian ditiriskan dan dikeringkan dengan cara dijemur. 

Ketika udang sudah kering, udang dimasukkan ke dalam karung untuk ditumbuk. Udang yang telah ditumbuk kemudian dikemas dalam plastik sesuai takaran dan siap diperjual belikan. Mengenai ebi ini, biasanya ebi terbuat dari udang dengan ukuran kecil. Ebi yang digunakan sebagai bumbu bisa berupa ebi yang telah dihaluskan atau pun ebi utuh.

Manfaat Ebi untuk Masakan

Ebi memiliki banyak manfaat untuk setiap masakan. Ebi bisa digunakan sebagai penyedap masakan alami. Aroma dan cita rasa ebi yang khas bisa menjadi umami pada setiap masakan. Ebi juga bermanfaat sebagai bahan taburan makanan untuk dapatkan tampilan yang lebih mengesankan. Ebi bahkan bisa sebagai bahan utama untuk pembuatan rempeyek dengan cita rasa gurih serta wangi. 

Sebagian besar orang juga menggunaan ebi sebagai pengganti terasi. Karena manfaatnya ini, ebi sering digunakan sebagai bumbu alami dan pemberi aroma pada masakan tumis maupun sambal. 

Itulah sedikit ulasan mengenai apa itu ebi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading