Sukses

Food

Sejarah Kue Putu, Salah Satu Kue Terbaik Dunia Versi TasteAtlas

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal dengan kue tradisional kue putu? Bisa dipastikan bahwa hampir semua orang mengenal kue yang satu ini. Tak hanya dikenal karena rasanya yang enak, kue putu juga dikenal karena proses pembuatannya yang cukup unik. 

Kue putu merupakan salah satu kue tradisional yang memiliki daya tarik tersendiri. Karena daya tariknya, baru-baru ini kue putu bahkan dinobatkan sebagai salah satu kue terbaik dan terenak di dunia versi TasteAtlas.

Salah Satu Kue Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Melansir dari laman liputan6.com, kue putu masuk dalam daftar 100 Most Popular Cakes in the World (100 Kue Terpopuler di Dunia) dan 100 Best Rated Cakes in the World (100 Kue Terbaik di Dunia) yang dibuat oleh TasteAtlas. Kue putu berada di peringkat 86 dalam 100 Most Popular Cakes in the World, dan 52 untuk 100 Best Rated Cakes in the World.

Selain kue putu, salah satu kue tradisional dari Indonesia yang juga masuk ke dalam daftar kue terbaik ada kue lapis. Kue lapis yang umumnya warna-warni dan terbuat dari tepung beras ini ada di peringkat 70 kue terpopuler di dunia.

Mengenal Sejarah Kue Putu

Mengenai kue putu, sudah tahukah kamu bagaimana sejarah kue yang terbuat dari tepung beras dengan isian gula merah ini? Mengutip dari laman Republika, penggiat sejarah Jelajah Jejak Malang (JJM), Mochammad Antik mengungkapkan jika kue khas Jawa ini sebenarnya bisa ditemukan di China Silk Museum. Kue ini sudah ada sejak 1200 tahun yang lalu, di masa Dinasti Ming.

Dulu kue putu disebut XianRoe Xiao Long, sebuah kue yang terbuat dari tepung beras yang dicetak di bambu dengan bagian tengah berisi kacang hijau. Karena kue ini terus berkembang dan menyesuaikan dengan lidah masyarakat Jawa, kue putu akhirnya dipadukan dengan gula jawa. Kue putu juga dikenal dengan nama putu bambu mengingat bahwa kue ini dimasak dalam cetakan bambu. 

Itulah sedikit ulasan mengenai kue putu yang termasuk ke dalam daftar kue terbaik dan terpopuler di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading