Sukses

Food

Berapa Lama Waktu yang Tepat untuk Panen Cabai Merah? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Cabai merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak digunakan, makanan satu ini dapat menambah cita rasa makanan dan membuat makanan menjadi lebih pedas dan gurih.

Menanam cabai sendiri tidaklah mudah, karena ada beberapa cara dan tahap yang perlu diperhatikan sebelum menanam cabai. Proses penanaman hingga menjadi cabai untuk digunakan melalui banyak proses.

Proses panen cabai sendiri juga tergantung dari cuaca dan suhu. Berikut cara dan waktu yang tepat untuk panen cabai merah yang perlu kamu tahu:

Berapa Waktu yang Tepat untuk Menanam Cabai?

Panen cabai tentu momen yang sangat ditunggu bagi orang yang menanamnya, mengingat menanam cabai tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Tanaman cabai pada dataran rendah ternyata dapat dipanen saat memasuki umut 70 – 75 hari setelah di tanam, sedangkan jika berada didataran tinggi biasanya akan semakin lambat sekitar umur 4 – 5 bulan setelah tanam. Selain itu pemananenan dapat dilakukan 3 – 4 hari sekali atau paling lama selama 1 minggu, dan dapat dipanen saat buahnya berwarna merah.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Panen Cabai?

Ada beberapa hal yang dapat kamu perhatikan saat menanam cabai, sebagai berikut:

  1. Memilih tingkat kematangan cabai yang seusai dengan tujuan penggunaan cabai itu sendiri.
  2. Hindari adanya patah pada cabang maupun ranting.
  3. Pisahkan saat cabai busuk untuk menghindari adanya penularan mikroba ke buah yang lebih sehat.
  4. Hindari penutupan karung plastik.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat masa panen cabai agar leboh teliti. Selain itu menanam cabai diperlukan waktu dan proses yang cukup lama, maka dari itu kamu perlu mempelajari beberapa hal sebelum menanam cabai.

Loading