Sukses

Food

4 Cara Membagi Resep Makanan Menjadi Setengah

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita menemukan resep masakan yang menarik untuk dicoba tapi porsinya terlalu banyak, pada akhirnya kita mencari cara untuk bisa mengakalinya, salah satunya adalah dengan membagi resep itu menjadi setengah.

Tapi apa saja yang perlu diperhatikan ketika mau membagi resep menjadi setengah porsi aslinya? Karena bisa jadi perubahan pada resep bisa mengubah citarasa dan bahkan rentan gagal. Ini sekian cara yang bisa diperhatikan jika ingin membagi resep makanan menjadi setengah.

1. Baca secara cermat resepnya

Perlu sekali membaca secara keseluruhan resep yang ingin dibagi. Baca daftar bahan dan petunjuk yang ada di dalam resep, dengan begitu kamu akan tahu bahan-bahan mana saja yang bisa dibagi dan mana yang tidak terlalu penting untuk dikurangi atau dibagi.

2. Tulis kembali resep yang sudah dibagi

Agar lebih memudahkanmu untuk memasak, sebelum terjun ke dapur akan lebih baik jika kamu tulis ulang resep demi kenyamanan pribadi, dengan begitu kamu juga tidak akan bingung ketika harus memasak. Kamu juga bisa menambahkan beberapa catatan pada bahan atau bumbu yang mengalami penyesuaian. Perhatikan juga perubahan waktu yang juga memerlukan perubahan karena bahan yang dimasak semakin sedikit.

3. Timbang jika kurang yakin

Jika merasa kurang yain dengan bahan-bahan yang ingin dibagi, kamu bisa menggunakan timbangan agar lebih yakin. Pada dasarnya, bahan-bahan apa saja perlu ditimbang dengan benar, terutama jika kamu ingin membuat kue atau roti. Umumnya, resep makanan relatif lebih mudah dibagi atau disesuaikan dengan porsi yang diinginkan.

4. Tanyakan pada orang yang sering memasak

Terkadang membagi resep juga perlu mempertimbangkan kemampuan memasak. Jika kamu orang yang sudah sering memasak, kamu akan tahu bahan apa saja yang bisa dibagi dan mana yang tidak karena tidak semua bahan dan bumbu bisa dibagi begitu saja. Jika tidak yakin dengan kemampuan memasak diri sendiri, ada baiknya menanyakan pada yang sudah ahli memasak.

Itu dia sekian cara membagi resep makanan menjadi setengah. Semoga bermanfaat.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading