Sukses

Food

Tips Memasak Steak agar Lebih Empuk dan Juicy

Fimela.com, Jakarta Steak merupakan makanan yang disukai oleh hampir setiap orang. Selain rasanya yang enak, steak juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Steak juga termasuk ke dalam makanan mengenyangkan. 

Bicara mengenai steak, memasak steak bisa dibilang gampang-gampang susah. Salah satu tantangan dalam memasak steak adalah memasak steak agar lebih empuk, juicy dan tidak alot. Karena kalau kita salah dalam memasak steak, daging steak justru akan alot bahkan keras. Lalu, bagaimana tipsnya agar steak lebih empuk? Simak tipsnya berikut ini dikutip dari berbagai sumber.

Pemilihan Daging

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah potongan daging. Umumnya potongan daging yang digunakan sebagai steak adalah rib eye, tendeloin, strip cut, dan T-bone. Pada daging ini mengandung lebih banyak lemak sehingga lebih empuk dan juicy saat dimasak. 

Selain itu, ketebalan dan berat daging steak juga perlu diperhatikan. Steak yang ideal memiliki berat kurang lebih 200 gram dengan potongan setebal 1,5 cm. Untuk berat paling rendah yang umum digunakan adalah kurang lebih 100 gram.

Marinasi

Sebelum dimasak atau dipanggang, daging steak sebaiknya dimarinasi. Tak hanya menjadikan daging steak lebih empuk, teknik marinasi juga membuat cita rasa daging lebih enak karena bumbu marinasi terserap dengan baik ke dalam daging. Umumnya, bumbu marinasi adalah air lemom, cuka dan susu atau mentega yang bersifat melembutkan daging.

Taburi atau Lumuri Daging dengan Garam

Tips selanjutnya agar steak lebih empuk dan juicy adalah dengan menaburi atau melumuri daging dengan garam sebelum dimasak. Garam bersifat melunakkan daging dan mengurangi kelembaban pada daging. Garam akan memberikan cita rasa lebih gurih ke dalam daging steak.

Gunakan Suhu yang Tepat

Pastikan untuk menggunakan suhu yang tepat saat memasak daging terutama daging steak. Suhu yang terlalu rendah akan membuat daging alot sedangkan suhu yang terlalu tinggi bisa membuat daging keras. Sebaiknya masak daging steak dalam suhu sedang yang stabil.

Istirahatkan Steak

Penting untuk mengistirahatkan steak sejenak sebelum disajikan. Mengutip dari laman Taste of Home, mengistirahatkan daging yang ideal adalah 5 menit per 2,5 cm ketebalan daging dan 10 menit untuk daging seberat 400 gram. Sebaik dan seenak apapun kamu dalam memasak steak, steak akan menjadi alot bahkan keras ketika tidak diistirahatkan dulu sebelum disajikan. 

Itulah beberapa tips untuk memasak steak agar lebih empuk dan juicy. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading