Sukses

Food

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kembang Kol dan Brokoli

Fimela.com, Jakarta Mungkin kita sering menganggap bahwa kembang kol dan brokoli adalah dua hal yang sama. Atau dalam kehidupan sehari-hari mungkin saja kita sering menyebut brokoli sebagai kembang kol dan menyebut kembang kol sebagai brokoli. Meski keduanya memiliki tampilan yang mirip atau serupa, kembang kol dan brokoli adalah dua hal yang berbeda. 

Mulai sekarang jangan sampai salah lagi dalam membedakan kembang kol dan brokoli ya Sahabat Fimela. Dari bentuk keduanya memang mirip. Tapi dari warna, keduanya sudah jelas berbeda. Untuk lebih jelas mengenai kembang kol dan brokoli, yuk kita simak apa saja perbedaannya.

Perbedaan Kembang Kol dan Brokoli

Kembang kol dan brokoli memiliki nama latin yang berbeda antara satu dengan lainnya. Kembang kol memiliki nama latin Brassica oleracea var. Botrylis, sedangkan brokoli memiliki nama latin Brassica Oleracea var, Italica. Perbedaan sangat mencolok dari kembang kol dan brokoli yang bisa kita lihat adalah dari warnanya. Kembang kol memiliki warna putih sedangkan brokoli memiliki warna hijau pekat.

Kandungan Nutrisi

Kembang kol dan brokoli merupakan sayuran yang pada dasarnya memiliki nutrisi terbaik untuk tubuh. Hanya saja, keduanya memiliki nutrisi yang cukup jauh berbeda. Dibandingkan brokoli, kembang kol memiliki nutrisi berupa asam pantotenat, vitamin B-6 dan serat yang lebih tinggi. Sementara itu, dibandingkan dengan kembang kol brokoli mengandung vitamin C, vitamin K dan antioksidan yang lebih tinggi. 

Pada Setiap 1 mangkuk brokoli mengandung 2,4 gram serat dan 31 kalori. Dalam 1 mangkuk brokoli terkandung 0,3 gram lemak, 2,6 gram protein, dan 6 gram karbohidrat dengan 1,6 gram gula alami. Sedangkan pada 1 mangkuk kembang kol mengandung 2,1 gram serat dan 27 kalori. Dan dalam 1 mangkuk kembang kol mengandung 0,3 gram lemak, 2 gram protein, dan 5,3 gram karbohidrat dengan 2 gram zat gula.

Penggunaan dalam Masakan

Biasanya kembang kol dimasak bersama sayuran lain seperti kubis, buncis, wortel, tauge dan sejenisnya. Kembang kol umumnya dimasak dengan cara direbus sebagai sayur sop. 

Sedangkan untuk brokoli, cita rasanya yang lebih gurih dan lezat membuatnya diolah untuk berbagai jenis masakan. Brokoli bisa dimasak bersama bahan sayuran lain atau dimasak pure brokoli. Brokoli bisa dimasak dengan cara direbus, ditumis agtau bahkand digoreng. 

Itulah sedikit perbedaan dari kembang kol dan brokoli. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan salah lagi dalam membedakan keduanya ya.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading