Sukses

Health

5 Manfaat Daun Kemangi untuk Mencegah Kolesterol dan Cara Mengolahnya

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Saat menikmati ayam goreng, akan lebih nikmat jika menggunakan daun kemangi. Daun kemangi biasanya dijadikan sebagai lalapan. Selain itu, daun kemangi juga bisa diolah menjadi bahan masakan yang lezat.

Daun kemangi termasuk satu keluarga dengan daun mint. Daun kemangi memiliki nama lain Ocimum basilicum. Daun ini memiliki aroma yang khas dan bisa menambah cita rasa. Tak heran daun ini sering digunakan untuk masakan Italia.

Daun kemangi memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa menurunkan kolesterol. Sahabat Fimela bisa menikmati daun kemani secara mentah maupun matang. Berikut manfaat daun kemangi dan cara mengolahnya:

Manfaat Daun Kemangi

1. Mencegah Kanker

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Karena daun kemangi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat mencegah radikal bebas merusak sel tubuh.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jika Sahabat Fimela memiliki diabetes, daun kemangi sangat cocok dimakan untuk mengontrol kadar gula darah. Kandungan di dalam daun kemangi dapat mempercepat penurunan kadar gula. Maka orang yang mengonsumsi daun kemangi akan terhindar dari diabetes.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangan memiliki kandungan eugenol. Kandungan tersebut akan mengurangi tekanan darah tinggi yang menyebabkan gagal jantung. Rajin mengonsumsi daun kemangi akan membuat kadar kolesterol di dalam tubuh lebih terkontrol.

Manfaat Daun Kemangi yang Selanjutnya

4. Menenangkan Pikiran

Daun kemangi memiliki manfaat yang bisa membantu menenangkan pikiran. Aroma dari daun kemangi ini mampu merelaksasikan pikiran, sehingga membantu stres hilang. Bahkan daun kemangi bisa membantu mempercepat tidur dan menjaga kualitas tidur.

5. Mencegah Penuaan Dini

Tak hanya baik untuk tubuh, daun kemangi juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Karena daun kemangi diperkaya dengan antioksidan, sehingga mampu mencegah penuaan dini. Daun kemangi juga bisa membantu menghidrasi kulit yang kering.

Cara Mengolah Sambal Daun Kemangi

Bahan:

  • Ikan asin gabus (rendam di air panas dan goreng sebentar)
  • 1 ikat kemangi

Bahan sambal:

  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Tomat
  • Terasi
  • 6 cabai merah keriting
  • 8 cabai merah rawit

Cara membuat:

  1. Tumis bahan sambal sebentar. Lalu angkat dan haluskan.
  2. Beri garam sedikit saja.
  3. Tambahkan penyedap. Siram minyak yang digunakan untuk menggoreng ikan ke sambal.
  4. Masukkan ikan asin, aduk dan dipenyet. Masukkan kemangi. Aduk sampai rata. Sajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading