Sukses

Food

4 Cara Menanam Kemangi agar Tidak Perlu Beli ke Pasar

Fimela.com, Jakarta Daun kemangi biasanya sering digunakan pada banyak makanan, tapi kekurangan daun kemangi adalah mudah layu, busuk dan rusak jika tidak segera digunakan. Itulah mengapa akan lebih baik jika bisa menanam kemangi sendiri di rumah agar bisa menggunakannya kapan pun kita mau.

Tapi menanam kemangi juga butuh perawatan atau perlakuan tertentu agar tanaman subur dan memilki daun yang besar dan bagus. Ini beberapa cara menenam kemangi di rumah yang bisa kamu terapkan.

1. Semai dari biji

Akan lebih baik menanam kemangi dari bijinya. Penyemaiannya cukup mudah dan cepat. Bisa lansung di tanah basah atau lembap agar kondisi biji bisa segera bertunas. Tentu saja kamu bisa menanamnya dari batang kemangi tapi biasanya rawan mati.

2. Gunakan tanah yang subur

Sebelum menyemaikannya ke atas tanah, pastikan sudah memberikan pupuk yang cukup atau gunakan tanah yang gembur. Sebenarnya kemangi sangat mudah tumbuh tanpa perlu banyak perlakuan, namun jika tanah tak punya cukup nutrisi maka pertumbuhannya juga tak akan maksimal.

3. Suka panas

Tanaman kemangi sangat suka cahaya matahari jadi sebisa mungkin letakkan di luar ruangan sehigga bisa mendapatkan panas matahari langsung. Perlakuan yang pasti agar tanaman kemangi tetap bisa tumbuh dengan baik adalah dengan menyiram tanaman sehari sekali hingga tanah benar-benar basah sehingga tidak kekeringan.

4. Sering dipetik

Uniknya, tanaman kemangi akan tumbuh tunas lebih subur dan daunnya lebih sehat dan segar jika sering dipanen atau dipetik. Daun kemangi akan segera meregenerasi dan semakin subur jika sering digunakan. Cara memanennya mudah, cukup petik bagian ujung-ujung paling muda kemangi, nantinya tunas daun baru akan tumbuh dari ketiak-ketiak daun.

Itu dia cara menanam tumbuhan kemangi sendiri di rumah agar bisa dimasak kapan saja.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading