Sukses

Food

3 Tips Menyimpan Kelapa Parut di dalam Kulkas

Fimela.com, Jakarta Peran kelapa parut sebagai salah satu bahan makanan memang tak bisa dipisahkan dari kuliner nusantara. Kelapa parut sendiri biasanya dijual dalam bungkusan besar apalagi jika kamu sengaja belai banyak sekalian agar tak perlu bolak-balik ke pasar untuk membelinya.

Jika berencana membeli banyak dan menyimpannya di kulkas untuk jangka waktu lama, ini sekian tips sederhana yang bisa kamu lakukan jika ingin menyimpan kelapa parut lebih awet tahan lama.

1. Jangan dicampur air

Intinya, jangan sampai terkontaminasi, apalagi jika terkena air, karena air kemungkinan besar akan mudah mencampurkan bakteri ke dalam kelapa parut sehingga dapat mengurangi kualitas kesegaran kelapa parut yang akan disimpan.

2. Segera bagi-bagi dalam jumlah tertentu

Gunakan tangan bersih untuk membagi kelapa parut menjadi beberapa porsi sama besar atau sesuai selera. Tujuan membagi-bagi kelapa parut ini adalah agar memudahkan seberapa banyak yang ingin kamu gunakan saat memasak suatu hari. Mengeluarkan dan memasukkan lagi kelapa parut yang sudah mencair karena dapat merusak kualitas kelapa parut.

3. Simpan di plastik tertutup

Siapkan wadah plastik yang mudah diikat atau disegel sehingga tidak tercemar dengan udara di dalam kulkas atau freezer. Pastikan plastik untuk mewadahi bisa ditutup rapat. Tata juga kelapa parut dalam bentuk pipih atau rata agar mudah ditata di dalam freezer.

Jika berencana menyimpannya di kulkas biasa, biasanya hanya bertahan sampai 4-7 hari tergantung kualitas kelapa parut. Namun jika disimpan di dalam freezer, bisa bertahan segar hingga 6 bulan. Semoga bermanfaat Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Menanam Kemangi agar Tidak Perlu Beli ke Pasar
Artikel Selanjutnya
Tips Membeli dan Menyimpan Ikan Teri Segar agar Awet