Sukses

Lifestyle

6 Tips Memilih dan Menyimpan Kemangi agar Tidak Cepat Rontok dan Busuk

Fimela.com, Jakarta Ketika masak dengan keamngi umumnya kemangi tidak dimasak dalam aktu lama, bahkan lebih umum dinikmati mentah begitu saja setelah dicuci bersih. Jika sering membeli kemangi, pasti sudah banyak yang tahu bahwa kemangi bukan dedaunan yang tahan lama disimpan.

Jika ingin kemangi tidak cepat rontok dan busuk atau bisa disimpan cukup lama, ini dia sekian tips yang bisa dicoba.

1. Pilih yang segar

Pastikan membeli kemangi yang baru dipetik karena masih segar dan akan lebih tahan lama jika ingin disimpan dalam beberapa hari ke depan. Pilih daunnya yang hijau, tidak layu, tidak terlalu basah dan batangnya masih hijau tidak menghitam.

2. Pilih yang masih muda

Kemangi yang bagus adalah yang daunnya hijau terang, tidak terlalu pekat warna hijaunya dan tidak juga keriting dan kecil-kecil. Jika daunnya terlalu hijau tua biasanya sudah tua.

3. Bungkus kertas sebelum dimasukkan ke dalam kulkas

Cara terbaik menjaga kesegaran daun kemangi adalah dengan tidak membuatnya basah. Boleh saja mencucinya sebelum dimasukkan kulkas namun pastikan telah mengeringkan daunnya. Kemudian bungkus dengan kertas sehingga udara kulkas tidak langsung merusak daun. Kemangi bisa disimpan selama 2-3 hari.

4. Taruh dalam vas bunga atau gelas

Daun kemangi juga bisa direndam dan ditaruh di vas bunga atau gelas. Taruh di atas meja makan yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung.

5. Jangan memanaskannya

Daun kemangi sebaiknya langsung dimasukkan kulkas jika tidak segera diolah. Jika membelinya, sebaiknya jangan ditumpuk dengan bahan makanan lain dan jangan disimpan di dalam tas belanja terlalu lama karena akan lembap dan mudah busuk.

6. Simpan di toples tertutup

Kemangi juga bisa disimpan dalam wadah plastik tertutup. Petiki daunnya, tak perlu dicui, langsung masukkan ke dalam toples sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Sebisa mungkin segera menggunakan kemangi yang sudah dicuci karena secara alami kemangi memang tidak tahan lama. 

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading