Sukses

Food

Tips Membersihkan dan Mengolah Ikan Teri Basah

Fimela.com, Jakarta Ikan teri biasanya dijual dalam keadaan kering, namun jika pergi ke pasar terkadang kamu bisa menemui para penjual ikan menyediakan ikan teri basah sehingga pembeli bisa mengolahnya sendiri. Jika kebetulan ingin mencoba memasak ikan teri basah tapi bingung bagaimana cara membersihkannya, ini dia tips yang bisa kamu coba.

1. Buang isi perutnya

Proses ini dibutuhkan kesabaran karena kamu harus mengeluarkan isi perut ikan teri satu per satu. Tidak perlu menggunakan pisau untuk menyayat perut dan mencungkil isi perutnya. Cukup gunakan tusuk gigi atau tusuk sate untuk merobek perut ikan, dan keluarkan dengan cara mendorong isi perut ikan. Begitu seterusnya hingga ikan teri basah bersih. Jika tak suka ada kepalanya, boleh kepala ikan dipotong juga.

2. Cuci bersih dan lumuri jeruk nipis

Setelah membersihkan perut ikan selesai, cuci bersih. Lalu ambil jeruk nipis secukupnya untuk diperas di atas ikan teri. Lumuri dan diamkan selama 5-10 menit untuk mengurangi bau amis.

3. Goreng ikan teri

Rendam sebentar ikan dengan garam, cuci bersih dulu dari perasan jeruk nipis, kemudian marinate sebentar dengan air garam. Lalu goreng ikan teri agar dagingnya tidak hancur. Jika diolah tanpa digoreng lebih dulu, selain ikan mudah hancur, rasanya juga kurang nikmat. Setelah itu, baru bisa diolah dengan bumbu yang diinginkan.

Itu dia tips membersihkan dan mengolah ikan teri basah yang bisa dicoba di rumah.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading