Sukses

Food

6 Cara Membuat Pempek Agar Tidak Keras, Cek Kunci dan Rahasia Di Sini!

Fimela.com, Jakarta Pempek merupakan salah satu makanan dari olahan daging yang sudah digiling serta menambahka tepung kanji dalam proses pembuatannya, makanan satu ini merupakan masakan khas Indonesia yaitu si Palembang. Biasanya pempek disajikan menggunakan kuah atau disebut sebagai kuah cuko yang memiliki rasa gurih.

Pada awalnya pempek menggunakan daging ikan belida, akan tetapi harganya yang mahal dan sudah ditetapkan sebagai salah satu spesies ikan yang dilindungi maka pempek diganti menggunakan ikan tenggiri atau ikan gabus yang lebih murah dan pasti memiliki rasa yang tetap gurih.

Membuat pempek sendiri tidaklah susah, tetapi terkadang akan ada beberapa masalah dalam pembuatannya seperti mengeras atau rasa yang tidak tercampur rata. Berikut beberapa cara membuat pempek agar tidak mengeras yang perlu kamu tahu:

1. Menggunakan Daging Ikan yang Segar

Perlu kamu tahu bahwa pembuatan pempek ternyata dapat dibuat dari berbagai macam jenis ikan, seperti ikan tenggiri, gabus, maupun kakap yang sudah digiling, akan tetapi, dalam pembuatan pempek yang lembut dan tidak mengeras pada adonan dibutuhkan ikan yang harus segar dan dingin agar tekstur dari pempek sendiri tidak keras ketika proses pembuatan.

2. Pemilihan Tepung yang Berkualitas

Dalam proses pembuatan pempek dibutuhkan tepung sagu, untuk mendapatkan hasil yang kalis dan sempurna dalam proses pemilihan tepung tentu harus dipilih yang berkualitas baik seperti, memiliki warna putih yang bersih dan tidak bau apek. Selain itu perlu kamu tahu, dalam pembuatan pempek jangan menggunakan tepung tapioka karena dapat menghasilkan rasa dan tekstur yang berbeda.

3. Perbandingan Ikan dan Tepung Sagu 1 : 1

Beberapa orang mungkin sering menyepelekan hal satu ini, dalam pembuatan pempek ternyata ikan dan tepung sagu harus memiliki perbandingan yang sama. Karena perbandingan antara ikan dan tepung sagu inilah dapat memberikan pengaruh pada tekstur serta rasa pempek, perbandingan antara keduanya 1 : 1.

4. Membutuhkan Air Es

Air es memiliki peranan penting agar pempek tidak mengeras dan lengket, selain itu air dingin maupun es dapat membuat ikan dan tepung menjadi mudah menyatu. Kamu perlu menuangkan air es kemudian aduk hingga pempek tidak lengket dan tidak mengeras.

5. Menambahkan Minyak Goreng

Biasanya ketika pempek sudah dibentuk dapat lengket dalam beberapa adonan lain sehingga cukup sulit saat proses penggorengan, agar pempek tidak melekat atau tidak lengket satu sama lain. Sebelum, proses selanjutnya kamu perlu melumuri minyak goreng ke air rebusan secukupnya.

6. Merebus Air Hingga Mendidih

Agar pempek mendapatkan hasil dan matang yang sempurna, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah merebus pempek ke dalam air yang mendidih kemudian pastikan pempek terapung.

Itulah beberapa cara dan tips rahasia mendapatkan pempek yang tidak mengeras dan kalis yang perlu kamu coba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading