Sukses

Food

5 Cara Menggoreng Ayam agar Empuk dan Tidak Alot

Fimela.com, Jakarta Pernah menggoreng daging ayam tapi hasilnya malah alot dan keras? Bisa jadi karena ada sejumlah hal penting yang kita lewatkan dalam proses menggorengnya. Supaya daging ayam empuk dan tidak alot saat digoreng, ada sejumlah cara dan tips penting yang perlu diperhatikan.

Berikut ini lima cara yang bisa dicoba dalam menggoreng ayam. Mulai dari cara penyiapan daging ayam hingga proses penggorengannya. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Baluri atau Rendam Daging Ayam dengan Bumbu Marinasi

Daging ayam dimarinasi dalam bumbu dan dimasukkan ke dalam kulkas selama sekitar satu jam. Dengan makin meresapnya bumbu, daging ayam bisa lebih sedap dan lezat saat digoreng. Bumbu marinasi sederhana pakai bawang putih bisa jadi bumbu dasar yang digunakan untuk membaluri atau merendam daging ayam sebelum digoreng.

 

 

2. Tusuk Daging Ayam

Daging ayam bagian dada biasanya keras saat digoreng. Untuk mengakalinya, bisa dengan cara menusuk-nusuk permukaan daging agar serat-seratnya lebih lunak. Serta ketika digoreng bisa lebih empuk. Kita bisa menggunakan tusuk gigi atau garpu untuk menusuk-nusuk permukaan daging ayam sebelum digoreng.

 

 

3. Pastikan Minyak Benar-Benar Panas

Pastikan minyak sudah dalam keadaan benar-benar panas sebelum daging ayam dimasukkan. Panaskan dulu minyak goreng dengan api kecil sampai minyak benar-benar panas, lalu masukkan daging ayam kemudian besarkan api sedikit. Selain itu, ayam juga perlu dalam kondisi terendam sempurna dalam minyak agar matangnya merata. Minyak goreng yang dipakai juga sebaiknya yang masih baru supaya rasanya lebih gurih dan renyah.

 

 

4. Daging Ayam Ukuran Besar Bisa Diungkep Lebih Dulu

Daging ayam bisa langsung digoreng tanpa diungkep jika ukurannya kecil. Namun, jika potongan ayam besar ada baiknya untuk mengukep ayam (merebus dengan bumbu) terlebih dahulu. Dengan begini, hasilnya jadi lebih empuk dan bumbu meresap lebih sedap.

 

 

5. Goreng dengan Sekali Balik

Setelah daging ayam dimasukkan, tunggu sampai warnanya berubah agak kecokelatan. Baru balik sisi satunya. Kemudian bila sudah tampak berwarna kecokelatan yang lebih merata, angkat dan tiriskan. Cara ini bisa dilakukan bila ingin mendapatkan hasil daging ayam yang lebih renyah bagian luarnya.

Semoga tips dan cara di atas bermanfaat, ya. Selamat memasak!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading