Sukses

Food

5 Cara Memakai Ragi Instan untuk Membuat Adonan Mengembang

Fimela.com, Jakarta Untuk membuat adonan roti atau donat agar mengemang, kita bisa menggunakan ragi instan. Pada dasarnya ragi instan memudahkan kita untuk mendapatkan roti yang empuk. Cara memakai ragi instan atau ragi kering pun mudah.

Berikut ini lima langkah sederhana yang perlu diperhatikan dna bisa dicoba dalam memakai ragi instan agar adonan bisa mengembang. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Pakai Air Hangat Suam-Suam Kuku

Air yang digunakan untuk melarutkan ragi sebaiknya bersuhu sekitar 37 hingga 43 derajat celcius. Bila air yang digunakan terlalu dingin, nantinya ragi tidak bisa aktif. Sedangkan kalau air terlalu panas, ragi bisa mati. Lima gram ragi instan bisa dilarutkan dalam sekitar setengah gelas air hangat untuk membuat adonan kue atau roti.

 

 

 

 

2. Tambahkan Gula dalam Larutan Ragi

Siapkan 1 atau 2 sdm gula pasir untuk setengah gelas larutan ragi yang akan dipakai. Fungsi gula di sini bukan sekadar membuat larutan ragi terasa manis. Kegunaan gula dapat memberi nutrisi pada ragi agar bisa membuatnya termetabolisme dengan baik.

3. Aduk Cepat

Ketika gula, ragi, dan air sudah tercampur, segera aduk cepat. Usahakan agar ragi benar-benar larut dan tidak ada yang bergerindil. Kalau masih ada butiran kasar, aduk kembali hingga semua larut.

 

 

4. Diamkan Larutan Ragi Sekitar 10 Menit

Diamkan larutan ragi selama sekitar sepuluh menit. Kita bisa mendiamkannya di wadah dan dibiarkan di suhu ruang seperti biasa. Bila dalam sepuluh menit, muncul gelembung dan buih pada permukaan air maka itu tandanya ragi sudah aktif. Ragi pun bisa langsung digunakan untuk pembuatan adonan kue.

 

 

5. Tuang Larutan Ragi Sedikit demi Sedikit

Tuangkan larutan ragi sedikit demi sedikit ke adonan tepung. Tujuannya agar memudahkan proses pengulenan adonan serta membantu kita mendapat tekstur adonan yang diinginkan. Ragi yang sudah diaktifkan sebaiknya segera dipakai agar hasil adonan bisa mengembang sempurna.

Itu tadi lima langkah yang bisa dicoba dan dilakukan dalam memakai ragi kering atau ragi instan. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading