Sukses

Food

Apa Bedanya Margarin dan Mentega yang Sering Bikin Bingung? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang salah mengira bahwa mentega dan margarin tidak berbeda, meskipun memiliki warna yang hampir sama. Margarin merupakan salah satu produk non susu yang dibuat dan dijadikan sebagai penggantu mentega.

Mentega sendiri merupakan salah satu makanan yang bebahan dasar susu, serta dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Tentu jika melihat cara pembuatan dan bahan dasar antara mentega dan margarin sangat terlihat jelas perbedaannya.

Meskipun mentega dan margarin sering dianggap sama, kamu perlu tahu perbedaan antara kedua agar saat memasak tidak keliru. Berikut perbedaan mentega da margarin yang sering bikin bingung:

1. Bahan Pembuatan

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui tentang perbedaan antara margarin dan mentega adalah bahan pembuatannya sendiri. Keduanya memiliki perbedaan bahandasar yang berbeda, mentega memiliki bahan dasar yang terbuat dari susu. Sedangkan, margarin bahan dasarnya terbuat dari non susu.

2. Perbedaan Warna

Salah satu hal yang terlihat cukup jelas antara mentega dan margarin adalah perbedaan warnanya. Biasanya mentega akan memiliki warna yang lebih pucar daripada margarin, sedangkan margarin memiliki warna yang cenderung kuning.

3. Aroma yang Berbeda

Keduanya memiliki bahan dasar yang berbeda, oleh karena itu aroma yang dihasilkan dari mentega dan margarin cukup berbeda. Aroma dari mentega enderung ke susu, sedangkan margarin tidak memiliki aroma yang cukup harum.

4. Kandungan Lemak

Salah satu perbedaan yang jarang diperhatikan adalah kandungan lemak diantara mentega dan margarin. Mentega memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi dan lemak jenuh hingga 80%. Sedangkan margarin sangat rendah kandungan lemak tak jenuh.

5. Tekstur yang Berbeda

Diantara mentega dan margarin memiliki perbedaan yaitu teksturnya, perbedaan tekstur inilah yang terkadang dapat membuat mentega dan margarin terlihat jelas perbedaannya. Meskipun mentega memiliki titik leleh yang cukup rendah akan tetapi tekstur dari mentega sangatlah padat daripada margarin yang cenderung lembek.

Nah, itulah perbedaan antara mentega dan margarin yang cukup signifikan dan perlu kamu tahu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading