Sukses

Food

Ini Lho Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Selama Menstruasi, Biar Tetap Happy!

Fimela.com, Jakarta Rasa nyeri saat menstruasi memang wajar terjadi. Namun, jika rasa sakit yang dialami berlebihan, jelas bisa mengganggu saat menjalani aktivitas sehari-hari. Inilah yang membuat pentingnya menjalani gaya hidup sehat, salah satunya dengan rutin berolahraga. Tahukah kamu kalau olahraga ringan selama fase menstruasi ternyata bisa membantu meredakan kram perut yang sering terjadi? Selain itu, hormon bahagia yang muncul setelah melakukan latihan fisik juga bisa bikin good mood.

Selain itu, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi. Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari perempuan saat sedang menstruasi karena bisa bikin nyeri atau mengganggu mood sehari-hari. Kenali satu per satu yuk, Sahabat Fimela!

Makanan Manis

Saat sedang berada di masa menstruasi, nggak jarang membuatmu jadi craving makanan manis. Cokelat, es krim, atau cake dengan kadar gula tinggi memang terasa menyenangkan. Tapi, tahu nggak sih kalau ini bisa membuat kadar gula darah jadi nggak stabil?

Jenis makanan dengan kadar gula tinggi seperti ini ternyata bisa membuat kadar gula jadi nggak stabil, lho. Hal ini jelas berpengaruh pada perubahan suasana hati atau mood swings. Jika memang sedang ingin menikmati makanan manis, cobalah mengganti asupannya dengan buah atau yoghurt yang memiliki berbagai kandungan nutrisi lainnya.

Makanan dan Minuman dengan Kandungan Kafein

Jadi bagian dari lifestyle kekinian, kopi, teh, hingga minuman cokelat boba memang jadi salah satu favorit masyarakat saat ini. Namun, tahu nggak sih kalau jenis minuman tersebut ternyata mengandung kafein yang sebaiknya dihindari ketika sedang menstruasi?

Cokelat, kopi, teh, hingga minuman bersoda bisa menjadi satu hal yang memicu perubahan mood saat tamu bulanan sedang muncul. Selain itu, bisa juga meningkatkan nyeri payudara, lho. Saat sedang masa menstruasi, disarankan untuk memperbanyak minum air putih  atau infused water saja untuk menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh.

Makanan Berjenis Gandum Olahan

Gandum memang kaya akan serat yang baik untuk kesehatan. Namun, pilih yang mengandung gandum murni, bukan gandum olahan ya! Makanan yang mengandung gandum olahan seperti roti dan kue biasanya sudah kehilangan banyak nutrisi di dalamnya, sehingga tidak sesehat kandungan gandum murni.

Selain bisa mengganggu kadar gula dalam darah, jenis gandum olahan ternyata juga bisa mengganggu nafsu makan sehari-hari, lho. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi jenis makanan yang satu ini dan beralih ke oatmeal atau nasi merah yang bisa jadi pilihan diet sehat selama menstruasi.

Makanan Berkadar Lemak Tinggi

Nyeri dan perut kembung yang terjadi selama menstruasi sebenarnya juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, lho. Misalnya saja terlalu banyak asupan makanan cepat saji yang memiliki kadar lemak tinggi ternyata dapat meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh. Hormon ini yang menyebabkan nyeri pada payudara hingga perut kembung.

Jadi, penting untuk memilih jenis makanan yang baik untuk kesehatan sebagai asupan nutrisi di masa menstruasi. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan makanan yang memiliki kadar zat besi tinggi supaya nggak anemia selama masa menstruasi berlangsung. 

Sehat selama menstruasi bisa banget diwujudkan kok. Salah satu caranya adalah dengan menjaga asupan makanan sehari-hari dan menjalani gaya hidup sehat seperti olahraga teratur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading