Sukses

Food

5 Makanan yang dapat Membantu Menghilangkan Rasa Pedas

Fimela.com, Jakarta Makan makanan pedas memang memiliki sensasi seru tersendiri ketika menyantapnya. Tak heran kalau makanan pedas menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Bagi penggemar makanan pedas, sensasi pedas bisa memperkaya cita rasa suatu makanan dan menambah nafsu makan.

Namun apabila berlebihan, sensasi pedas yang ditimbulkan akan membuatmu merasa tidak nyaman. Sensasi pedas yang ditimbulkan akan membuat mulutmu seolah-olah terasa terbakar. Untuk menghilangkan sensasi pedas yang berlebih kamu bisa mengkonsumsi lima makanan di bawah ini.

1. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang bisa kamu makan untuk mengatasi sensasi pedas di mulut. Saat kepedasan, memakan yogurt menjadi pilihan yang tepat karena yogurt dapat mengurangi sensasi terbakar pada mulutmu. Dilansir dari laman Delish lemak sehat pada yogurt akan mengikat dan melarutkan capsaicin, senyawa kimia padai cabai yang membuat sensasi terbakar saat kamu kepedasaan.

2. Madu

Makanan yang kedua yang bisa kamu konsumsi saat kepedasan adalah madu. Madu dipercaya efektif untuk mengurangi sensasi pedas di mulut. Dilansir dari laman Medical News Bulletin madu dapat meringankan sensasi pedas dimulut. Hal ini dikarenakan madu dapat menyerap senyawa capsaicin yang membuatmu kepedasan.

3. Roti

Roti mengandung pati yang bisa meredakan rasa pedas. Dilansir dari laman Houston Methodist makanan bertepung seperti roti bisa dijadikan sebagai penangkal rasa pedas karena dapat membantu bertindak sebagai penghalang antara senyawa pedas capsaicin dan reseptor rasa sakit pada lidah yang sangat peka terhadap rasa pedas.

4. Lemon

Saat kepedasan, kamu bisa mengkonsumsi lemon sebagai penawar rasa pedas. Dilansir dari laman Foodal bahan-bahan yang mengandung asam seperti lemon akan membantu menetralkan tingkat pH minyak pedas, dan mengurangi sebagian dari sensasi pedas yang membara di mulutmu.

5. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa pedas. Dilansir dari laman Medical Daily cokelat berguna untuk mengurangi sensasi terbakar pada mulut akibat kepedasan. Kandungan lemak tinggi pada coklat akan membantu menghilangkan sebagian capsaicin dari mulut karena capsaicin lebih larut dalam lemak daripada dalam larutan berbasis air.

Itulah kelima makanan yang bisa membantumu menghilangkan rasa pedas berlebih dan sensasi terbakar di mulut. Semoga bermanfaat.

 

Penulis: Diah Ayu V

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading